KUNCI JAWABAN TEMATIK TEMA 5 KELAS 5
Halaman 1
· Yang dapat diceritakan dari gambar: Gambar diatas adalah kenampakan alam yang sangat indah, yaitu berupa hutan alam beserta mata air dan sungai.
· Pernahkah kamu melihat hutan seperti pada gambar: Pernah
· Apa saja yang kamu lihat: hutan belantara, flora dan fauna, dan sungai yang sangat jernih.
· Adakah hal-hal tersebut dilingkunganmu: Ada, di Dago Pakar Bandung, Wisata alam Maribaya, Curug Malela dan lain-lain
Halaman 2
Hal yang pertama kali saya lihat pada sebuah reklame adalah: gambarnya
Papan reklame yang baik menurut pendapatku adalah:
· Gambar reklame harus sesuai dengan barang yang direklamekan
· Reklame tidak boleh bohong
· Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
· Warna harus bagus, menyolok atau kontras.
Halaman 3
Papan reklame toko/perusahaan: PT Berkah Sentosa
No. | Isi pada Papan Reklame |
1. | Nama toko/perusahaan |
2. | Penjelasan mengenai perusahaan |
3. | Barang atau Jasa yang dijual |
4. | Alamat yang dapat dihubungi |
5. | Alamat toko/perusahaan |
Reklame : Telkom Speedy
No. | Isi pada Papan Reklame |
1. | Nama Perusahaan PT Telkom |
2. | Teks atau slogan : "Meluncur tanpa batas" |
3. | Gambar Ilustrasi produk yang ditawarkan |
4. | Penjelasan mengenai kelebihan produk yang ditawarkan : "Koneksi rame-rame dimana aja, internet cepat gampang bayarnya." |
Halaman 5
Kosa kata Baru :
- Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, msl mesin;
- Devisa, Devisa terdiri atas valuta asing, yaitu mata uang yang dapat diterima oleh hampir semua negara di dunia (seperti US Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling Inggris), emas, surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional, dan lainnya.
- Reklame, Reklame adalah media periklanan besar, yang biasa ditempatkan pada area yang sering dilalui, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Reklame berasal dari kata re-clamare (bahasa Latin: Re=berulang, clamare=seruan).
- Media adalah alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk
- Produk adalah barang atau jasa yang dibuat dan ditambah gunanya atau nilainya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi itu;
Halaman 6
Pernahkah kamu mengalami kebingungan saat memilih satu di antara banyak produk sejenis di sebuah toko atau pasar ? Bagaimana reklame/iklan dapat membantu memenangkan persaingan untuk merebut calon pembeli. Berikut penjelasannya !
No | Pertanyaan | Jawaban |
1. | Apa tujuan utama sebuah reklame/ iklan? | Tujuan reklame menjajakan produk atau membuat barangnya laku di pasaran. |
2. | Hal-hal apa yang harus ditonjolkan dalam sebuah reklame/iklan? | · Gambar barang yang direklamekan · Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat · Warna harus bagus, menyolok atau kontras. |
3. | Bila terdapat beberapa barang yang sama di sebuah toko/pasar, iklan/ reklame seperti apakah yang akan memenangkan persaingan? | Iklan yang memenangkan persaingan adalah iklan yang : · Teks atau slogan yang jelas dan mudah dimengerti · Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk huruf yang sesuai · Gambar illustrasi menarik dan mudah diingat. · Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan) · Warna yang menarik dan tepat sesuai dengan isi reklame |
4. | Di media apa sajakah orang perlu memasang iklan/reklame untuk keberhasilan penjualannya? | Radio, Televisi, Majalah, Koran, dan Internet |
Halaman 7
Bentuk perkalian | Hasil | Bentuk berpangkat | Cara membaca |
3 x 3 | 9 | 3² | Tiga pangkat dua atau tiga kuadrat |
7 x 7 | 49 | 7² | Tujuh pangkat dua atau tujuh kuadrat |
9 x 9 | 81 | 9 | Sembilan pangkat dua atau sembilan kuadrat |
12 x 12 | 144 | 12² | Dua belas pangkat dua atau dua belas kuadrat |
15 x 15 | 225 | 15² | Lima belas pangkat dua atau lima belas kuadrat |
17 x 17 | 289 | 17² | Tujuh belaspangkat dua atau tujuh belas kuadrat |
19 x 19 | 361 | 19² | Sembilan belas pangkat dua atau sembilan belas kuadrat |
21 x 21 | 441 | 21² | Dua puluh satu pangkat dua atau dua puluh satu kuadrat |
23 x 23 | 529 | 23² | Dua puluh tiga pangkat dua atau dua puluh tiga kuadrat |
28 x 28 | 784 | 28² | Dua puluh delapan pangkat dua atau dua puluh delapan kuadrat |
Halaman 8
Cobalah memecahkan beberapa soal di bawah ini secara mandiri.
1. Sebuah majalah memberikan tarif untuk iklan sebesar Rp25.000 setiap cm2 Sebuah iklan majalah yang berbentuk persegi memiliki panjang sisi 12 cm. Berapakah harga tarif untuk iklan tersebut?
Jawaban: Tarif iklan = 12² x Rp25.000 = 144 x Rp25.000 = Rp3.600.000
2. Sebuah papan iklan berbentuk persegi memiliki panjang sisi 120 cm. Biaya pemasangan iklan per meter persegi adalah Rp36.000. Berapa biaya yang diperlukan untuk membayar pemasangan iklan pada papan iklan tesebut?
Jawaban: Biaya = 1,2² x Rp36.000 = 1,44 x Rp36.000 =Rp51.840
3. Siti berpikir untuk membuat lima iklan untuk sebuah majalah. Setiap iklan yang berbentuk persegi tersebut memiliki panjang sisi 15cm. Dengan tarif iklan sebesar Rp13.000 per cm2 berapa biaya yang diperlukan untuk membuat semua iklan tersebut?
Jawaban: 5 x 15² x Rp13.000 = 5 x 225 x Rp13.000 = 1.125 x Rp13.000 = Rp14.625.000
Halaman 13
Mari Meneliti dan Berkreasi
Banyak tanaman di sekeliling kita, baik di sekitar rumah maupun sekolah. Tahukah kamu cara membedakan tanaman yang satu dari tanaman lainnya? Salah satunya melalui daun dan batangnya. Bagaimana bentuk daunnya? Apakah batangnya berkayu?
Booklet adalah buku berukuran kecil (setengah kuarto) dan tipis, tidak lebih dari 30 halaman bolak-balik, yang berisi tulisan dan gambar-gambar. Ada yang mengatakan bahwa istilah booklet berasal dari buku dan leaflet, artinya media booklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format (ukuran) kecil seperti leaflet. Struktur isinya seperti buku (ada pendahuluan, isi, penutup) hanya saja cara penyajian isinya jauh lebih singkat daripada sebuah buku. Sedangkan Buku Saku hampir sama denganbooklet, hanya saja berukuran lebih kecil hingga bisa dimaksukkan kedalam saku.
Mari kita mencoba mencari tahu lebih jauh.
Kamu akan membuat sebuah buklet tanaman dengan menggunakan beberapa lembar kertas ukuran A4 (21 cm × 29,7 cm) yang dilipat menjadi dua bagian.
Pilihlah sebuah tanaman yang dapat ditempelkan di dalam buklet.
Amatilah setiap bagian tanamanmu.
Cobalah mengisi tabel di bawah ini.
No. | Nama bagian | Fungsi | Bentuk |
1. | Akar | · Menyerap air dan zat hara (mineral) dari dalam tanah · Menunjang berdirinya tumbuhan · Sebagai alat pernapasan, contoh pada tumbuhan bakau · Sebagai penyimpan makanan cadangan. Contoh pada singkong dan wortel. | |
2. | Batang | · Penopang tumbuhan agar tetap tegak · Pengangkut air dan mineral dari akar menuju daun · Penyimpan makanan cadangan (tebu dan kentang) · Pengangkut hasil fotosintesis. | |
3 | Daun | · Tempat pembuatan makanan (fotosintesis) · Untuk pernapasan karena di permukaan daun terdapat stomata · Tempat pengeluaran air melalui proses transpirasi dan gutasi. Transpirasi adalah proses kehilangan air dalam bentuk uap air dari jaringan tumbuhan melalui stomata. Gutasi adalah peristiwa pengeluaran air dalam bentuk titik air melalui lubang pengeluaran (hidatoda) yang terdapat di tepi daun | |
4. | Bunga | Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif (kawin). Pada bunga terdapat putik sebagai kelamin betina dan benang sari sebagai kelamin jantan. |
Bentuk akar:
Bentuk Batang
Bentuk Daun
Bentuk Bunga
Halaman 15
Pengamatan pada Beberapa Tarian
Tugas : kumpulkanlah beberapa tarian daerah dan perhatikanlah alat-alat yang mereka gunakan sebagai properti. Cobalah melengkapi tabel di bawah ini.
No. | Nama tarian | Asal daerah | Properti utama yang digunakan |
1. | Tari Reog | Jawa Timur. | Reog |
2. | Tari Pendet | Bali | Bokor |
3 | Tari Kipas Pakarena | Sulawesi Selatan | Kipas |
4. | Tari Topeng Cirebon | Jawa Barat. | Topeng |
5. | Tari Kuda Lumbing | Jawa Tengah. | Kuda Lumping |
6. | Tari Piring | Sumatera Barat. | Piring |
7. | Tari Remong | Jawa Timur. | Selendang |
8. | Tari Baksa Kembang | Kalimantan Selatan | Rangkaian Bunga |
9. | Tari Golek Manis | Jawa Tengah. | Boneka |
10. | Tari Payung | Sumatera Barat. | Payung |
11. | Tari Legong | Bali | Kipas |
12. | Tari Lengger | Jawa Tengah | Selendang |
13. | Tari Jaipong | Jawa Barat. | Selendang |
Halaman 18
Tulislah dalam dua kalimat lengkap, peran dan fungsi koperasi bagi rakyat Indonesia!
Koperasi memiliki fungsi dan peranan, antara lain untuk mengembangkan potensi dan kemampuan, ekonomi anggota dan masyarakat. Koperasi juga berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Halaman 19
Prinsip-prinsip koperasi yang berkesesuaian dengan Pancasila terutama Sila ke-5 Pancasila:
· Keanggotaan Bersifat Sukarela Dan Terbuka.
Koperasi menerima anggota secara terbuka bagi siapa saja yang berminat menjadi anggota dengan tidak pandang status masyarakat baik dari kalangan bawah, menengah maupun atas, siapapun mempunyai hak yang sama untuk mendaftarkan diri dan tidak bersifat memaksa dengan tidak mewajibkan seluruh masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai anggota yang akan menjadi bagian dari koperasi yang akan didirikan.
· Pengelolaan Dilakukan Secara Demokratis.
Koperasi membentuk struktur organisasi sesuai dengan ketentuan yang telah ada dengan berlandaskan kekeluargaan yang menjunjung asas demokrasi dalam penyelenggaraan rapat anggota, pembentukan pengawas, penentuan pengurus,dan penunjukkan pengelola sebagai karyawan yang bekerja di koperasi.
· Pembagian SHU Dilakukan Secara Adil Sesuai Dengan Besarnya Jasa Usaha Masing-Masing.
Koperasi mempunyai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat pada umumnya dan anggota pada khususnya, maka dalam usaha meningkatkan kesejahteraan anggotanya koperai berusaha semaksimal mungkin untuk bersifat dan berlaku adil dan merata terutama dalam hal pembagian sisa hasil usaha dengan mempertimbangkan aspek kepercayaan dalam pengelolaan koperasi yang telah diberikan oleh masing-masing anggota yang dinilai dalam bentuk besarnya jasa usaha.
· Pemberian Balas Jasa Yang Terbatas Terhadap Modal.
Koperasi memberikan timbal balik kepada anggota yang telah menanamkan modalnya dan mempercayakan koperasi dalam mengelola modal tersebut berupa balas jasa yang sesuai dengan keadilan, keseimbangan dan keterbatasan seberapa besar modal yang telah diberikan anggota dengan transparan agar anggota jelas dan mengerti pemberian balas jasa yang diberikan koperasi sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
· Kemandirian.
Koperasi berdiri dengan prinsip kemandirian dengan tidak berada di bawah naungan organisasi lain dan tidak bergantung serta mengandalkan organisasi lain, koperasi berdiri sendiri dengan membentuk struktur organisasi sendiri untuk mengelola dan menjalankan kegiatan usahanya dengan bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.
· Pendidikan Perkoperasian.
Koperasi mempunyai arah dan tujuan untuk dapat bekerja sama mengelola kegiatan yang bersifat positif membutuhkan keahlian dalam pengopersiannya maka dibutuhkan pendidikan dan pengarahan dalam penerapannya dengan bermaksud agar koperasi sebagai wadah yang berlandaskan prinsip dan asas kekeluargaan dapat bermanfaat, oleh karena itu pendidikan perkoperasian sangatlah dibutuhkan sebagai dasar pembentukan koperasi.
· Kerjasama Antar Koperasi.
Koperasi dikatakan bersifat mandiri dalam pengorganisasiannya tetapi dalam menjalankan kegiatan usahanya koperasi tetap menjalin hubungan dan kerjasama antar koperasi berupa komunikasi dan interaksi baik secara langsung maupun tidak langsung karena koperasi berlandaskan kekeluargaan dan dalam menjaga kelangsungan kehidupan perkoperasian diusahakan selalu mengadakan kerjasama agar dapat memperluas bidang usaha dan saling memberikan dukungan.
Menurut pendapatku, keberadaan koperasi di negara kita adalah koperasi dapat dimanfaatkan oleh para anggota hingga mereka dan masyarakat tidak kekurangan sandang, pangan maupun papan.
Halaman 20
Dengan memahami contoh di atas, kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan seksama!
Ingatlah aturan penyelesaian hitung campuran!
1. 12² + 13² – 10² = 144 + 169 – 100 = 313 – 100 = 213
2. (19²× 13) + 15² = (361 x 13) + 225 = 4693 + 225 = 4918
3. (10² : 5) + (11² × 3) = (100 : 5) + (121 x 3) = 20 + 363 = 383
4. 25²– (22 ² : 4) = 625 – (484 :4) = 625 – 121 = 504
5. (32² × 3 ) + (12² : 6) = (1024 x 3) + (144: 6) = 3072 + 24 = 3096
6. Suatu lahan berbentuk persegi dengan panjang sisinya 12 m dibagi menjadi empat bagian sama besar. Berapakah luas setiap bagian tersebut? 12 x 12 = 144 : 4 = 36 m²
Ingatlah aturan penyelesaian hitung campuran!
1. 12² + 13² – 10² = 144 + 169 – 100 = 313 – 100 = 213
2. (19²× 13) + 15² = (361 x 13) + 225 = 4693 + 225 = 4918
3. (10² : 5) + (11² × 3) = (100 : 5) + (121 x 3) = 20 + 363 = 383
4. 25²– (22 ² : 4) = 625 – (484 :4) = 625 – 121 = 504
5. (32² × 3 ) + (12² : 6) = (1024 x 3) + (144: 6) = 3072 + 24 = 3096
6. Suatu lahan berbentuk persegi dengan panjang sisinya 12 m dibagi menjadi empat bagian sama besar. Berapakah luas setiap bagian tersebut? 12 x 12 = 144 : 4 = 36 m²
Halaman 21
Isi Pancasila:
1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
3. PERSATUAN INDONESIA
4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/ PERWAKILAN
5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
Fungsi Pancasila dalam kehidupan Bangsa Indonesia:
1. Pancasila sebagai ideologi Negara
Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu ”Panca” yang berarti lima dan ”Sila” yang berarti dasar. Pancasila berarti lima dasar atau lima asas yang menjadi dasar negara Republik Indonesia. Pancasila sebagai ideologi Pancasila mengandung penegrtian bahwa Pancasila merupakan ajaran, gagasan, doktrin, teori atau ilmu yang diyakini kebenarannya dan dijadikan pandangan hidup bangsa Indonesia dan menjadi pentunjuk dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.
2. Pancasila sebagai Dasar Negara
Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila dipergunakan sebagai dasar (fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk mengatur penyelengaraan negara. Pancasila merupakan kaidah negara yang fundamental, yang berarti hukum dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus bersumber dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.
3. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
Pancasila dalam pengertian ini sering disebut juga sebagai pegangan hidup, pedoman hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang.
4. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa
Ini berati, sebagai halnya bendera merah putih sebagai ciri khas bangsa atau negara Indonesia yang membedakan dengan bangsa atau negara lain, Pancasila juga merupakan ciri khas bang Indonesia yang tercermin dalam sikap, tingkah laku, dan perbuatan yang senantiasa selaras, serasi dan seimbang sesuai deng nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
Halaman 22
Membuat pantun dengan tema:
Kesatuan dan Persatuan:
Burung garuda lambang negara
Semangat pancasila selalu di jaga
Indonesia berbhinekantunggal ika
Penduduk nya beribu suku bangsa
Hutan lebat melimpah rusa
Melihat mereka mengundang rindu
Budaya bangsa mencerminkan bangsa
Dengan bahasa marilah kita bersatu
Susur sungai walaupun basah
Dari hutan ke jalan raya
Takkan ada kata berpisah
Bersatu Indonesia jaya
Cinta Tanah Air:
Main gasing janganlah rebah
Memakai tali pelepah pisang
Budaya asing sudah merambah
Budaya asli janganlah hilang
Jalan-jalan keliling Asia
Mengenal banyak ragam budaya
Jangan mengaku anak Indonesia
Jika tidak menjaga budaya bangsa
Terbang melayang burung peragam
Dari huma, terbang ke hutan
Budaya daerah beraneka ragam
Mari bersama kita lestarikan
Ajakan Membangun Bangsa:
Masak angsa di kuali
Bukan saja di perigi
Hendaklah kamu mengabdi
Di pangkuan ibu pertiwi
Jika kita pegang kuas
Melukislah pada kertas
Jika anak bangsa cerdas
Bangsa pun berkualitas
Halaman 24
Menurut pendapatmu, mengapa adaptasi dan interaksi masyarakat berhubungan erat dengan jenis kenampakan alam daerah di mana mereka tinggal?
Masyarakat yang tinggal di sekitar kenampakan alam tertentu melakukan adaptasi untuk bertahan hidup. Adaptasi yang dilakukan ditunjukkan dengan jenis mata pencaharian utama mereka, makanan, pakaian, dan sebagainya
Halaman 26
Berdasarkan bacaan "Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya", terdapat banyak jenis kenampakan alam di bumi ini. Indonesia juga memiliki berbagai jenis kenampakan alam.
1. Kenampakan alam apa sajakah yang ada di Indonesia?
Dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, perbukitan, jurang, danau, lubuk, telaga, sungai, laut, samudra, palung, pulau, tanjung, teluk, dan gunung
2. Adakah kenampakan alam Indonesia yang sangat unik dan terkenal yang kamu ketahui?
Danau Toba, Pantai Sanur, Pantai Kuta, dan Pantai Senggigi.
3. Mengapa sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal?
Sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal karena keindahan dan keunikannya
4. Apa yang membedakannya dengan kenampakan alam yang lain?
Yang membedakan antara kenampakan alam satu dengan yang lainnya adalah bentuk atau ciri fisiknya.
5. Adakah pengaruh kenampakan alam dengan mata pencaharian penduduk di sekitarnya?
Keadaan alam sangat mempengaruhi mata pencarian penduduk. Kebanyakan enduduk sekitar pantai bekerja sebagai nelayan karena di laut banyak tersedia ikan. Mereka yang tinggal di dataran tinggi bekerja sebagai petani karena iklimnya sangat cocok untuk pertanian. Masyarakat yang tinggal di daerah padang rumput yang luas mengusahakan peternakan karena tersedia rumput yang berlimpah.
Halaman 28
Simaklah syair di atas, dan cobalah jawab beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Pesan apakah yang ingin disampaikan penulis melalui syairnya?
Jawaban: Keindahan alam negeri harus dijaga
2. Bagaimanakah penggunaan rima dan pemilihan kata yang ada di dalam syair di atas?
Jawaban: Rima bait pertama u-u-u-u, Rima bait kedua n-n-n-n, dan rima bait ketiga h-h-h-h
Halaman 30
Membuat Syair!
Desiran angin di pegunungan
Tumbuhan menari kegirangan
Begitu indahnya pemandangan
Bak indahnya surga idaman
Keindahan alam terasa sempurna
Dengan muculnya sang surya
Membuat semua orang terpana
Itulah alamku Indonesia
Indonesia bumi kaya raya
Banyak tersimpan intan permata
Hutan gunung sawah samudra
Tiada habis sumber dayanya
Halaman 31
Kabar di dalam gambar
Menonton tv bersama keluarga memang sangat menyenangkan, namun kesukaan seseorang terhadap acara tv sangat beragam. Ayah senangnya menonton pertandingan sepak bola. Ibu senangnya menonton acara membuat masakan. Kakakku yang perempuan sangat menggemari sinetron. Aku sendiri gemar menonnton film kartun. Suatu waktu acara kegemaran tv masing-masing ditayangkan pada jam yang sama. Sehingga aku dan kakak berebut remot tv untuk menyaksikan acara kegemaran masing-masing. Akhirnya sebagai anak yang lebih muda saya mengalah, membiarkan kakak menonton acara kesukaannya, saya hanya ikut melihat saja.
Halaman 32
Dengan menggunakan contoh di atas, selesaikanlah soal-soal di bawah ini!
1. Hasil bilangan pangkat dua yang kurang dari 10 adalah 1, 4, 9
2. Hasil bilangan pangkat dua antara 20 dan 100 adalah 25, 36, 49, 64, 81
3. Hasil bilangan pangkat dua antara 100 dan 300 adalah 121, 144, 169, 196, 225, 256, 284
4. Hasil bilangan pangkat dua antara 300 dan 600 adalah 324, 361, 400, 441, 484, 529, 576
5. Hasil bilangan pangkat dua antara 700 dan 1.005 adalah 729, 784, 841, 900, 961
1. Hasil bilangan pangkat dua yang kurang dari 10 adalah 1, 4, 9
2. Hasil bilangan pangkat dua antara 20 dan 100 adalah 25, 36, 49, 64, 81
3. Hasil bilangan pangkat dua antara 100 dan 300 adalah 121, 144, 169, 196, 225, 256, 284
4. Hasil bilangan pangkat dua antara 300 dan 600 adalah 324, 361, 400, 441, 484, 529, 576
5. Hasil bilangan pangkat dua antara 700 dan 1.005 adalah 729, 784, 841, 900, 961
Halaman 34
Membuat Catatan Kecil
Setelah bermain, diskusikan dan jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini!
1. Setelah bermain permainan “penjaga Benteng”, bagian tubuh manakah yang terasa paling lelah? Mengapa?
Jawaban: Setelah berlarian bagian tubuh yang merasakan lelah adalah bagian kaki karena harus banyak bergerak.
2. Apakah detak jantungmu bertambah cepat setelah kamu berlarian? Mengapa?
Jawaban: Saat berlari melibatkan banyak organ tubuh, akibatnya banyak organ tubuh yang membutuhkan suplai oksigen lebih. Semakin cepat berlari, semakin banyak oksigen yang dibutuhkan, Saat berlari, paru-paru bekerja keras mengolah oksigen, sedangkan jantung berdetak cepat memompa darah ke seluruh tubuh membawa oksigen hasil olahan dari paru-paru dengan kecepatan tinggi.
3. Bagaimana dengan pernapasanmu setelah terus berlari? Adakah perubahan yang kamu rasakan?
Jawaban: Ketika selesai berlari, jantung dan paru-paru tidak bisa begitu saja langsung bergerak pelan seperi saat keadaan tidak berlari, ini dikarenakan tubuh masih membutuhkan suplai oksigen lebih. Maka untuk beberapa saat, darah masih akan mengalir di tubuh dengan kecepatan tinggi, sambil menunggu keadaan tubuh kembali normal. Napasmu akan ngos-ngosan dan tubuh berkeringat, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh. Karena ketika berlari otot-otot rangka di tubuh kita menghasilkan energi dan panas. Kemudian panas ini menguap dari kulit dalam bentuk keringat.
Halaman 37
Mencari dan Melengkapi
Carilah fungsi dari setiap bagian tumbuhan berikut! Lalu, jelaskan bagaimana manusia memanfaatkannya!
Carilah fungsi dari setiap bagian tumbuhan berikut! Lalu, jelaskan bagaimana manusia memanfaatkannya!
No. | Bagian tanaman | Fungsinya | Pada tanaman tertentu, bagian ini bermanfaat bagi manusia |
1. | Akar | · Menyerap air dan zat hara (mineral) dari dalam tanah · Menunjang berdirinya tumbuhan · Sebagai alat pernapasan, contoh pada tumbuhan bakau · Sebagai penyimpan makanan cadangan. | Ubi kayu, ubi jalar, talas (keladi), wortel, lobak, kentang, bengkuang, akar ginseng, akar alang-alang |
2. | Batang | · Penopang tumbuhan agar tetap tegak · Pengangkut air dan mineral dari akar menuju daun · Penyimpan makanan cadangan (tebu dan kentang) · Pengangkut hasil fotosintesis. | Tebu, sagu, enau, sagu, dan enau, pohon jati, kelapa, meranti, mahoni. |
3. | Daun | · Tempat pembuatan makanan (fotosintesis) · Untuk pernapasan karena di permukaan daun terdapat stomata · Tempat pengeluaran air melalui proses transpirasi dan gutasi. | Bayam, kangkung, sawi, daun pepaya, daun seledri, daun kemangi, pandan |
4. | Bunga | Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif (kawin) | Bunga kol, kubis, bawang, anggrek, sedap malam, bunga melati, bunga mawar, cengkeh. |
5. | Buah | · Tempat penyimpanan cadangan makanan. · Hasil dari proses pembuahan fertilisasi. | Apel, jeruk, pepaya, nanas, pisang, mangga. |
6. | Kulit Batang | Melindungi jaringan yang ada dibawahnya | Kulit batang pisang untuk membuat bahan pakaian, kulit kina untuk obat malaria, Kayu manis untuk penyedap masakan |
7. | Getah | Getah pada beberapa tumbuhan berfungsi ebagai alat pertahanan diri | Getah dimanfaatkan untuk gondorukem, terpentin, kopal, karet, dan getah perca. |
Halaman 39
Setelah membaca bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Bagaimanakah tumbuhan eceng gondok dimanfaatkan?
1. Bagaimanakah tumbuhan eceng gondok dimanfaatkan?
Jawaban: Daun eceng gondok dimanfaatkan sebagai pakan ternak, serat eceng gondok sebagai bahan kerajinan tangan, batang eceng gondok sebagai penyangga rangkaian bunga
2. Mengapa temuan tentang manfaat tumbuhan eceng gondok ini menjadi penting?
Jawaban: Ternyata tumbuhan eceng gondok memiliki manfaat dalam ilmu kedokteran. Eceng gondok juga dapat dimanfaatkan bagi dunia bisnis dan memiliki peluang ekspor.
3. Apakah pelajaran yang dapat kamu ambil dari bacaan di atas?
Jawaban: Ternyata tumbuhan yang dianggap sebagai gulma tersebut memiliki banyak manfaat bagi kehidupan
Halaman 39
Temukan dan Laporkan
1. Amatilah dan catatlah pemanfaatan tumbuhan yang ada di rumahmu. Tumbuhan yang dimaksud termasuk semua jenis buah dan sayuran yang dikonsumsi oleh anggota keluargamu setiap hari.
2. Catatlah dengan terperinci, bagian dari tumbuhan yang dipergunakan.
3. Catat juga bagaimana bagian tumbuhan tersebut dimanfaatkan.
4. Gunakan tabel di bawah ini untuk menuliskan semua hasil pengamatanmu.
No. | Nama tanaman | Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan | Manfaat bagian tumbuhan |
1. | Singkong | Daun Akar | Dimakan sebagai sayur dan lalap Dimakan sebagai bahan makanan pokok |
2. | Bayam | Batang dan daun | Dimakan sebagai sayur |
3. | Pisang | Buah | Dimakan sebagai makanan pelengkap |
4. | Bunga kol | Bunga | Dimakan sebagai sayur |
5. | Kubis | Daun | Dimakan sebagai sayur |
6. | Kayu Manis | Kulit batang | Dimanfaatkan untuk penyedap masakan |
7. | Padi | Biji | Dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok |
Halaman 40
Fungsi properti bagi sebuah tari adalah untuk pelengkap dalam tarian, dan agar terlihat menarik saat tarian berlangsung.
Halaman 43
Diskusikanlah dengan teman sebangkumu.
· Mengapa Beni harus bermusyawarah terlebih dahulu dengan kedua orang tuanya?
Jawaban: Karena dengan musyawarah semua saran di tampung dan dicari yang terbaik sebagai sebuah kemufakatan. Sehingga keputusan serasa milik bersama sehingga partisipasi tentunya lebih kuat.
· Apa manfaat dari musyawarah?
Jawaban:
- Dapat memecahkan masalah yang sulit yang tidak dapat dipecahkan sendiri
- Untuk menyaring dan meneliti pendapat-pendapat agar memperoleh petunjuk tentang pendapat yang paling baik
- Musyawarah dapat memberikan dorongan kepada masyarakat agar hidup rukun dan bersatu.
· Dalam keadaan seperti apakah musyawarah perlu dilakukan?
Jawaban: Musyawarah dilakukan dalam segala hal.
· Sesuai dengan Sila keberapakah perilaku bermusyawarah? Mengapa demikian?
Jawaban: Musyawarah merupakan bentuk pengamalan Pancasila terutama sila keempat yaitu “ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Musyawarah mufakat mengutamakan akal sehat dan menggunakan azaz kekeluargaan. Musyawarah untuk mufakat merupakan inti dari Demokrasi Pancasila, dimana tindakan bersama diambil sesudah ada musyawarah mufakat.
· Mengapa Lani diminta untuk menabung terlebih dahulu?
Jawaban: Agar uang menjadi bertambah banyak
· Apa manfaat kegiatan menabung?
Banyak sekali manfaat menabung, antara lain :
1. Menghindarkan kita dari sifat boros
2. Uang tabungan bisa digunakan untuk hal-hal yang tak terduga
3. Menghindarkan kita dari berhutang
4. Melatih kita untuk lebih bijak dalam menggunakan uang.
5. Persiapan hari tua
6. Perencanaan pendidikan anak yang lebih baik
7. Dapat digunakan sebagai modal usaha [kelak].
1. Menghindarkan kita dari sifat boros
2. Uang tabungan bisa digunakan untuk hal-hal yang tak terduga
3. Menghindarkan kita dari berhutang
4. Melatih kita untuk lebih bijak dalam menggunakan uang.
5. Persiapan hari tua
6. Perencanaan pendidikan anak yang lebih baik
7. Dapat digunakan sebagai modal usaha [kelak].
· Sesuai dengan Sila keberapakah perilaku menabung? Jelaskan
Jawaban: Menabung merupakan pengamalan sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Halaman 45
Kartu Tanya:
· Mengapa masyarakat desa tersebut mengadakan upacara Seren Taun?(Upacara Seren Taun merupakan bentuk rasa syukur dan doa para petani atas rejeki tahun yang lalu dan tahun yang akan datang.
· Di daerah mana Upacara Seren Taun dilaksanakan ? (Upacara Seren Taun dilaksanakan oleh masyarakat di daerah Kuningan Jawa Barat)
· Kapan upacara Seren Taun dilaksanakan ? (Acara Seren Taun dilaksanakan setiap Tanggal 18 Bulan Rayagung dalam perhitungan Kelander Sunda)
· Kegiatan apa saja yang dilakukan pada Upacara Seren Taun ? (Ngajayak atau menjemput padi dan dilanjutkan dengan menumbuk padi)
Halaman 48
1. Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar di atas? Sebuah pementasan seni budaya sunda yaitu angklung.
2. Pernahkah kamu terlibat dalam pementasan seni budaya? Pernah.
3. Apa yang kamu rasakan? Sangat bangga.
4. Menurutmu apa yang sedang dilakukan oleh para pembesar bangsa pada gambar di atas? Mereka sedang mengenalkan kepada para turis seni budaya sunda angklung.
Halaman 50
Apa yang ada dalam benakmu setelah mengamati gambar di atas? Tuliskan dalam
kolom berikut.:
Kegiatan bongkar muat barang di atas kapal yang terdapat di pelabuhan atau port.
Pelabuhan atau portmerupakan tempat atau daerah perairan yang terlindungi terhadap gelombang yang sudah dilengkapi dengan fasilitas terminal laut yan meliputi dermaga yang merupakan tempat kapal untuk bertambat melakukan bongkar muat barang, gudang laut (transito) dan tempat penyimpanan barang-barang dan dapat disimpan dalam jangka waktu lebih lama selama menunggu pengiriman ke daerah tujuan
Jenis peralatan bongkar muat yang digunakan di pelabuhan sangat tergantung kepada jenis barang yang akan dibongkar/muat. Secara umum jenis barang dimaksud dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu: barang yang dikemas dengan petikemas, general Cargo dan barang curah (kering/cair).
Bongkar muat barang disini berkaitan erat dengan kegiatan ekspor impor yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.Halaman 53
1. Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan impor?
Jawaban: Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. sedangkan mpor merupakan kebalikan dari ekspor. Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri.
2. Mengapa Indonesia harus mengimpor barang-barang elektronik dan barang-barang otomotif?
Jawaban: Indonesia melakukan kegiatan impor barang elektronik. Hal ini disebabkan karena terbatasnya sumber daya manusia.
3. Apa saja barang yang diekspor oleh Indonesia?
Jawaban:
· Barang migas berupa minyak dan gas bumi.
· Barang nonmigas, yaitu hasil pertanian, hasil industri, dan hasil tambang (selain minyak dan gas bumi). Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor minyak bumi. Negara Indonesia tergabung ke dalam perhimpunan negara-negara pengekspor minyak bumi atau OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries).
· Hasil industri Indonesia yang diekspor, antara lain rokok, kertas, suku cadang telkom, tekstil dan pakaian jadi, semen, pupuk, kayu lapis, kerajinan kulit, ukir-ukiran, dan anyaman rotan.
· Barang-barang hasil perkebunan yang diekspor, antara lain tembakau, teh, karet, kelapa sawit, kopra, lada, cokelat, kopi, cengkeh, dan pala.
· Barang-barang hasil hutan yang diekspor Indonesia, yaitu rotan, kayu, dan damar. Adapun hasil laut yang diekspor Indonesia, antara lain udang, ikan segar, dan ikan kaleng.
4. Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ekspor dan impor?
Jawaban:
· Barang produksi negara kita akan dikenal oleh negara lain,
· Membantu mencukupi kebutuhan negara lain,
· Meningkatkan devisa negara,
· Barang dari luar negeri dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri,
· Mempererat hubungan ekonomi dan persahabatan antara negara-negara di dunia, dan
· Meningkatkan produksi kedua negara.
Halaman 56
Kerjakanlah soal berikut dengan saksama!
1. √ 4 = 2 karena 4 = 2²
2. √16 = 4 karena 16 = 4²
3. √ 36 = 6 karena 36 = 6²
4. √100 = 10 karena 100 = 10²
5. √400 = 20 karena 400 = 20²
Salin dan isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
1. 9² = 81, maka √81 = 9
2. 12² = 144, maka √n = 12. Nilai n = 144
3. n² = 1.225, maka √1.225 = n. Nilai n = 35
4. √324 = 18
5. √625 = 25
Kerjakanlah dengan saksama!
1. Sebuah persegi mempunyai luas 256 cm2. Berapakah panjang sisi-sisinya?
1. √ 4 = 2 karena 4 = 2²
2. √16 = 4 karena 16 = 4²
3. √ 36 = 6 karena 36 = 6²
4. √100 = 10 karena 100 = 10²
5. √400 = 20 karena 400 = 20²
Salin dan isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
1. 9² = 81, maka √81 = 9
2. 12² = 144, maka √n = 12. Nilai n = 144
3. n² = 1.225, maka √1.225 = n. Nilai n = 35
4. √324 = 18
5. √625 = 25
Kerjakanlah dengan saksama!
1. Sebuah persegi mempunyai luas 256 cm2. Berapakah panjang sisi-sisinya?
Jawaban: rumus Luas persegi= sisi x sisi
256 = n x n
√256 = 16 cm
2. Sebuah kebun yang berbentuk persegi mempunyai luas 625 m2, memiliki panjang m.
Jawaban: rumus Luas persegi= sisi x sisi
625 = n x n
√625 = 25 m
Halaman 57
Kamu tentu pernah melihat iklan. Iklan apa yang pernah kamu lihat? Iklan provider 3 three.
Dimana kamu melihat iklan itu? Tabloid handphone.
Apa isi dari iklan yang kamu lihat? Isi Pesan : disini three mencoba memberikan paket internet dengan harga “50Ribu” untuk 1tahun, dengan akses 10 situs popular. Three mencoba memberikan harga paket yang lebih lama dari provider lain, karena provider lain dengan harga 50 rbu/100rbu hanya untuk 1bulan
Halaman 58
1. Sikap kuda-kuda adalah posisi kaki tertentu sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela-serang.
2. Fungsi gerakan kuda-kuda: Kuda-kuda yang kuat dan kokoh penting untuk mempertahankan posisi tubuh agar tidak mudah dijatuhkan dan kuda-kuda juga penting untuk menahan dorongan atau menjadi dasar titik tolak serangan (tendangan atau pukulan).
3. Gerakan kuda-kuda dapat memperkuat otot kaki dan paha.
Halaman 61
Gambar Akar dan Nama Tanaman | Hasil Pengamatan ttg bagian2 akar |
Tanaman kacang | Bentuk akar tunggang, Jumlah cabangnya 6, bentuk cabangnya lurus agak bengkok, ukurannya 12 CM |
Rumput mutiara | |
Rumput teki | Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa rumput teki (Cyperus rotundus L.) mempunyai tipe perakaran serabut, yaitu jika akar lembaga dalam perkembangan mati atau kemudian di susul oleh sejumlah akar yang kurang lebih sama besar yang keluar dari pangkal batang. Bagian-bagian akar rumput teki terdiri dari leher akar, cabang akar, serabut akar, rambut-rambut akar dan ujung akar. Bentuk akar serabut ini seperti benang dan tidak mengalami modifikasi. |
Pohon cabe | Dari hasil pengamatan diketahui bahwa cabe (Capsicum sp.) mempunyai sistem perakaran tunggang. Bentuk akarnya adalah akar tunggang yang bercabang (ramosus). Batang akarnya berbentuk kerucut panjang, tumbuh terus ke bawah, bercabang dan cabangnya bercabang-cabang lagi. Bagian-bagian akar yaitu leher akar, batang akar, cabang akar, serabut akar, dan rambut-rambut akar dan tudung akar. Akar tanaman ini tidak mengalami modifikasi. |
Pohon terong | Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tanaman terong (Solanum sp) mempunyai sistem perakaran tunggang yang bercabang. Bagian-bagian akarnya antara lain leher akar, batang akar, cabang akar, serabut akar, dan rambut-rambut akar. Akar pada tanaman ini tidak mengalami modifikasi. |
Wortel | Dari hasil pengamatan diketahui bahwa wortel (Daucus carota L.) mempunyai sistem perakaran tunggang yang tidak bercabang. Bentuk modifikasi akarnya seperti tombak (fusiformis). Pangkalnya besar meruncing ke arah ujung dengan serabut-serabut akar tumbuh tersebar di bagian batang akar. |
Bengkoang | Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa tanaman bengkuwang (Pachyrrhizus erosus Urb) mempunyai sistem perakaran tunggang yang tidak atau sedikit bercabang. Modifikasi akarnya berbentuk seperti gasing (napiformis). Pangkal akarnya besar membulat. |
Singkong | Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa singkong (Manihot utillisima Burm. F.) mempunyai tipe perakaran tunggang. Bentuk akar ini separti tombak. Modifikasi akar pada singkong berupa ubi akar (tuber rhizogenum). Ubi ini berbentuk bulat atau tidak beraturan dan merupakan tempat penimbunan cadangan makanan. Adapun bagian-bagian dari akar yang terdapat pada singkong adalah leher akar, batang akar, cabang-cabang akar dan tudung akar. |
Laos | Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tanaman laos (Alpinia galanga) mempunyai sistem perakaran serabut. Bentuk akarnya seperti benang. Akar tanaman ini tidak mengalami modifikasi, rimpang yang nampak pada laos dan tumbuh di dalam tanah adalah modifikasi dari batang, bukan dari akar. Bagian-bagian dari akar serabut yang terdapat pada akar laos diantaranya adalah leher akar, batang akar, cabang dan rambut-rambut akar. |
Anggrek | Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa tanaman anggrek kalajengking (Arachis flos-aeris) mempunyai sistem serabut. Bentuknya seperti benang yang besar. Modifikasi akar ini berupa akar napas (pneumatophora). Akar ini keluar, menggantung di udara dan tumbuh ke arah tanah, gunanya untuk menyerap air dan zat gas dari udara. Sering kali mempunyai jaringan khusus untuk menimbun air atau udara yang di sebut velamen. Tetapi setelah mencapai tanah bagian yang masuk tanah lalu berkelakuan seperti akar biasa yang menyerap air dan makanan dari tanah. Bagian-bagian yang terdapat pada akar ini sesuai dengan pengamatan adalah leher akar, batang akar, cabang akar, dan ujung akar. |
Padi | Dari hasil pengamatan diketahui bahwa padi (Oryza sativa L.) memiliki sistem perakaran serabut. Bentuk akar ini seperti benang. Ukuran serabut-serabut akar ini hampir sama satu sama lain. Akar pada tanaman ini tidak mengalami modifikasi. Bagian-bagian pada akar antara lain leher akar, batang akar, cabang akar, serabut akar dan rambut-rambut akar. |
Akar Benalu | Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tumbuhan benalu (Lorantus sp.) mempunyai sistem perakaran tunggang yang berupa haustorium, yaitu akar yang sangat keras dan kaku yang dapat menembus kulit batang inang sampai ke bagian kayu untuk menyerap air dan zat makanan dari inangnya tersebut. |
Sirih | Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tanaman sirih (Piper betle L.) memiliki sistem perakaran serabut berbentuk benang. Bagian-bagian akar antara lain leher akar, batang akar, cabang akar, dan serabut akar. Modifikasinya berupa akar pelekat (radix adligans) yang tumbuh di buku-buku batang dan berfungsi untuk melekat pada penunjang. |
Tanaman Kacang |
Rumput Mutiara |
Rumput Teki |
Pohon Cabe |
Pohon terong |
Wortel |
Bengkoang |
Singkong |
Laos |
Anggrek |
Padi |
Benalu |
Siirih |
Halaman 62
fungsi daun bagi tumbuhan, yaitu:
· Mengambil zat makanan (resorbsi)
· Mengolah zat makanan (asimilasi)
· Penguapan air (transpirasi)
· Pernafsan (respirasi)
Bentuk tulang daun berbeda-beda karena:
Akibat pembelahan sel berbeda-beda pada daerah tertentu dari meristem daun, sehingga terjadi aktifitas diferensial dari meristem daun yang menyebabkan terbentuknya bentuk-bentuk daun yang berbeda. Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan terbentuknya bentuk-bentuk daun yang berbeda, yaitu perbedaan fase hidup, gen dan kondisi lingkungan.
Pengelompokan tanaman berdasarkan bentuk daun yang sama:
· Bertulang daun menyirip. Bentuk tulang daunnya seperti sirip ikan. Tumbuhan bertulang daun menyirip dimiliki oleh tumbuhan dikotil. Contoh : daun mangga, jambu, dan lain-lain.
· Bertulang daun menjari. Bentuk tulang daunnya seperti kelima jari tangan. Tumbuhan bertulang daun menjari dimiliki oleh tumbuhan dikotil. Contoh : daun pepaya, singkong, dan lain-lain.
· Bertulang daun sejajar. Bentuk tulang daunnya seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tumbuhan bertulang daun sejajar dimiliki oleh tumbuhan monokotil. Contoh : daun jagung, padi, dan lain-lain.
· Bertulang daun melengkung Tumbuhan bertulang daun melengkung berbentuk seperti garis garis lengkung. Dimiliki oleh tumbuhan monokotil. Contoh : daun enceng gondok, daun katak, melati air, dan lain-lain.
Halaman 65
Bagian Daun | Kegunaan | Bagian Akar | Kegunaan |
Daun Suji | Pewarna makanan | Wortel | Dimakan untuk sayur |
Daun Lidah Buaya | Penyubur Rambut | Pasak bumi | Obat malaria |
Daun Meniran | Penghilang jerawat | Akar alang-alang | Menghilangkan rasa haus |
Daun Seledri | Penyedap masakan | Akar wangi | Pengharum |
Daun teh | Minuman | Jahe | Penghangat tubuh |
Daun Sereh | Pengusir nyamuk | Kunyit | Pewarna dan obat |
Daun pisang | Pembungkus makanan | Lobak | Sayuran |
Halaman 66
No | Nama Properti Tari |
1 | Kipas |
2 | Syal/ Sapu Tangan |
3 | Selendang |
4 | Topi Caping |
Halaman 68
No | Nama Tanaman Disekitarku | Kegunaan |
1 | Belimbing Wuluh | Menyembuhkan gusi berdarah, sebagai Obat Gondongan, Obat Rematik, Obat Sariawan, Obat Sakit gigi, Obat Pagel linu, Obat Penghilang Panu |
2 | Handeuleum | Mengobati wasir, memar dan sembelit |
3 | Keji Beling | sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol, mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, mengatasi kencing manis, penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag. |
4 | Beluntas | obat untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare, serta mengobati sakit kulit. |
5 | Kemuning | mengobati Bisul, Rematik, keseleo, memar, Sakit gigi, Melangsingkan badan, Datang haid tidak teratur |
6 | Pegagan | bisa dikonsumsi berupa herbal atau mentah ( orang sunda biasa di makan pakai sambal terasi atau sambal oncom), melancarkan jalan darah atau peredaran darah dan menambah napsu makan. |
7 | Sirih Merah | dapat menyembuhkan penyakit diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, men-cegah stroke, asam urat, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit. |
8 | Pinang | Cacingan, Perut kembung akibat gangguan pencernaan, Bengkak karena retensi cairan (edema), Rasa penuh di dada, Luka, Batuk berdahak, Diare, Terlambat haid, Keputihan, Beri-beri, edema. Malaria, Memperkecil pupil mata (miosis) pada glaucoma. Daun: Tidak napsu makan, Sakit pinggang (lumbago). Sabut: Gangguan pencernaan (dyspepsia), Sembelit, Edema dan beri-beri |
9 | Jambu Biji | Sebagai bibit tanaman, Dimakan langsung, dijadikan minuman sari buah, meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi, demam berdarah, Mengobati disentri, mencret, radang lambung, sariawan, keputihan,Mengawetkan telur ayam rebus, menyembuhkan luka, |
10 | Lidah Buaya | Mengatasi diabetes mellitus, serangan jantung, radang tenggorokan, ambeien, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, salit kepala, pusing, kejang pada anak, kurang gizi, muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar. |
Tanaman yang bermanfaat lainnya dapat dilihat di: http://kumpulantugassekolahnyarakabintang.blogspot.com/2014/10/berbagai-tanaman-bermanfaat-yang-dapat.html
Halaman 69
Kegiatan ekonomi masyarakat indonesia pada dahulu dan sekarang
Persamaan | Perbedaan |
Kemiskinan yang masih ada | Alat produksi sudah canggih |
Masih memiliki hutang ke luar negeri | Produktivitas tinggi karena pasar sudah banyak |
Masih terjadi kesenjangan ekonomi antara penduduk yang miskin dan yang kaya | Jumlah barang atau jasa tinggi karena penduduk setempat pun sangat tinggi tingkat dan daya beli mereka (konsumtif) |
Maraknya para koruptor karena hukum di negeri ini kurang tegas (Indonesia termasuk dalam 5 terbesar Negara terkorup didunia) | Sejak tahun 1987 ekspor Indonesia mulai didominasi oleh komoditi non migas dimana pada tahun-tahun sebelumnya masih didominasi oleh ekspor migas. |
Pengangguran masih tinggi dikarenakan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja | Sudah mampu memproduksi barang-barang yang berteknologi tinggi |
Masih barter yaitu tukar menukar barang dengan barang lainnya | Cara pembayarannya sudah variatif |
Halaman 71
No | Kata Sulit | Arti |
1 | Cinderamata | sesuatu yang dibawa oleh seorang wisatawan ke rumahnya untuk kenagan yang terkait dengan benda itu ( Kenang-kenangan) |
2 | Periode | Kurun waktu tertentu atau masa |
3 | Non migas | barang produksi yg tidak tergolong gas dan bumi |
4 | Provinsi | nama sebuah pembagian wilayah administratif di bawah wilayah nasional |
5 | Realisasi | proses menjadikan nyata |
6 | Sektor | merupakan salah satu kalimat yang artinya menunjukan tempat atau wilayah sekitar ruang lingkup lingkungan kecil dari suatu wilayah kecil. |
7 | Turis | seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km dari rumahnya dengan tujuan rekreasi |
8 | Perdagangan | kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang berdasarkan kesepakatan bersama |
1. Termasuk dalam komoditas apakah sektor pariwisata di Bali? Pariwisata/ kegiatan jasa.
2. Komoditas apakah yang diekspor dari bali? Cinderamata/ kerajinan
3. Apakah penyebab meningkatnya realisasi perdagangan antara rusia dan indonesia? Karena adanya Konflik Ukraina serta adanya sanksi terhadap Rusia dimana kebijakan Putin yang melarang produk-produk Pertanian dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Norwegia, Kanada, dan Australia masuk ke negaranya, membuka peluang peningkatan kerjasama antara Rusia dan Indonesia dengan meningkatkan ekspor produk-produk pertanian, daging, ikan, susu, dan sayuran ke pasar Rusia.
4. Apakah kesimpulan dari bacaan di atas? Sektor pariwisata di Bali berkembang pesat
Halaman 73
Perilaku yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di sekolah | Perilaku yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di masyarakat |
Mengingatkan teman lain yang tidak berpuasa untuk tidak makan di depan teman yang sedang berpuasa pada bulan Ramadhan | Ikut mengamankan gereja ketika pe- rayaan Natal tiba |
Berdoa sebelum belajar menurut agama yang dianut masing-masing siswa | Membina kerja sama dan tolong- menolong dengan pemeluk agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi di lingkungan masing-masing. |
Tidak pilih kasih,tidak membanding-bandingkan si kaya dan si miskin.karen sang pencipta tidak pernah pilih kasih | Rukun dengan tetangga walau berbeda agama |
Selalu menolong pada sesama teman | Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya |
toleransi terhadap teman yang sedang melaksanakan ibadah sesuai agamanya masing-masing | menghormati yang sedang melaksanakan ibadah |
tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agamanya | Tidak memaksakan suatu agama pada orang lain |
Halaman 75
Sekarang lakukanlah seperti contoh di atas, tetapi gunakanlah tanda = dan >!
1. √225 < 23
2. √289 < 25
3. √1.225 = 35
4. √1.444 < 42
5. √2.116 > 34
Halaman 75
Berdiskusilah dengan orang tuamu tentang tempat pariwisata yang pernah
dikunjungi bersama keluargamu. Pilihlah satu tempat pariwisata yang kamu dan
keluargamu paling sukai. Lalu, buatlah daftar kelebihan tempat pariwisata tersebut
dibandingkan dengan tempat wisata lain yang pernah kamu dan keluargamu
kunjungi.
No | Tempat pariwisata yang pernah dikunjungi |
1 | Pantai Pangandaran |
2 | Wisata Puncak Bogor |
3 | Taman Safari Puncak |
4 | Ciater |
5 | Bumi Perkemahan Cikole |
6 | Dunia Fantasi Ancol |
7 | Dago Pakar Bandung, |
8 | Wisata alam Maribaya, |
9 | Curug Malela |
10 | Kawah Darajat Garut |
11 | Taman dan Kolam Air Panas Cipanas Garut |
No | Daftar kelebihan Tempat wisata Taman Safari |
1 | Terdapat di kawasan perkebunan teh yang memang sudah tidak produktif lagi. Taman ini kemudian menjadi sebuah penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango |
2 | Mempunyai berbagai macam jenis spesies hewan dan atraksi yang terbaik se Indonesia |
3 | Memiliki koleksi satwa yang berasal dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa-satwa lokal |
4 | Fasilitas dan akomodasi wisata yang dimiliki yaitu seperti : Bus safari, Danau buatan, Sepeda air, Kano, Kolam renang dengan seluncur ombak, Kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, Taman burung, Baby zoo, Kincir raksasa, Gajah tunggang, Kuda tunggang, Komedi putar, Pentas sirkus, Area gocart, Children's play ground, Bom bom car, Rumah setan, Kesenian tradisional, Sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari. |
5 | Habitat yang tidak rusak dan suasana indah yang rimbun |
6 | Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata yang berwawasan lingkungan serta berorientasi pada habitat satwa pada alam bebas |
Halaman 77
Berdasarkan bacaan tersebut, buatlah sebuah rangkuman dengan mencatat kata-
kata penting yang dicetak tebal pada tabel berikut
Kata-kata Penting | Arti |
Komoditi kakao | Produksi cokelat yang di perdagangkan |
Andalan | Sesuatu yang dapat dipercaya untuk dapat melakukan suatu hal |
Devisa | Semua alat pembayaran yang diterima sebagai alat pembayaran luar negeri/internasional. |
Komoditas | Sesuatu yang di bisa di perdagangkan |
Sektor | menunjukan tempat atau wilayah sekitar ruang lingkup lingkungan |
Potensial | mempunyai potensi (kekuatan, kemampuan, kesanggupan) |
Konsumsi | pemakai, menggunakan atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan |
Dominasi | penguasaan oleh pihak yg lebih kuat terhadap yg lebih lemah |
Kondisi | situasi atau keadaan yang ada pada diri individu baik itu di luar maupun di dalam dirinya. |
Ekspor | penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya |
Halaman 77
Mencari Berita
1.Bersama dengan teman sekelompokmu, kumpulkanlah berita-berita dari koran
atau majalah tentang komoditas ekspor andalan Indonesia.
2.Setiap kelompok akan mencari komoditas andalan dari hasil pertanian,
pertambangan, dan perkebunan.
3.Jika sudah menemukannya, setiap siswa akan memilih satu dari artikel yang
telah dikumpulkan untuk dianalisis. Lalu, menuliskannya pada tabel berikut.
komoditas andalan dari hasil Pertanian | Padi |
komoditas andalan dari hasil Perkebunan | Kelapa sawit, kakao, kopi, karet, lada, kina, teh, tembakau, rotan dan tebu |
komoditas andalan dari hasil Pertambangan | minyak dan gas bumi, batu bara |
tentang komoditas ekspor andalan Indonesia lainnya dapat dilihat di: http://kumpulantugassekolahnyarakabintang.blogspot.com/2014/11/komoditas-indonesia.html
Judul Berita | Komoditas Kakao |
Isi Berita | Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang peranannya cukup penting bagi perekonomian nasional dengan sebaran sentra penanaman yang cukup banyak dan tumbuh dengan baik di Indonesia. Kakao juga telah lama menjadi salah satu komoditi ekspor unggulan Indonesia yang memiliki kontribusi yang cukup besar dalam menghasilkan devisa negara. Di samping itu, kakao juga berperan dalam mendorong pengembangan wilayah dan pengembangan agroindustri. |
Simpulan Berita | Pohon kakao, merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Bayangkan saja, kakao yang merupakan bahan baku cokelat yang bisa dipanen setiap hari. Kakao berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Dalam budidaya kakao tak perlu menunggu waktu lama untuk memanen buah cokelat dari pohonnya, proses pemanennya pun bisa dilakukan tiap hari jika sudah ada kakao yang tua atau siap panen. |
Halaman 78
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada iklan televisi:
· Daya Tarik Pesan: pesan harus mengatakan sesuatu yang diinginkan atau menarik pada produk tersebut. Pesan berdasarkan tingkat keeksklusifannya, maksudnya pesan harus mengatakan sesuatu yang eksklusif atau yang membedakan dan tidak terdapat pada semua merek di dalam kategori produk yang sama. Pesan pada tingkat kepercayaan merupakan pesan yang dapat dipercaya dan dibuktikan
· Daya Tarik Selebritis: Selebritis merupakan juru bicara produk. Pertimbangan lain menggunakan selebritis berkait dengan popularitasnya, fisik yang menarik, kredibilitasnya, profesinya, status kepemilikan terhadap perusahaan tersebut, pemakai merek, nilai-nilai, dan resiko kontroversinya.
· Daya tarik positif/rasional berfokus pada praktik, fungsi, atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk, yang menekankan pada manfaat atau alasan untuk mempunyai atau menggunakan suatu merek. Isi dari pesan menekankan pada fakta, belajar, dan persuasi logis. Daya tarik positif/rasional cenderung bersifat informative dan umunya pengiklan menggunakan daya tarik ini untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang diiklankan mempunyai manfaat khusus yang memuaskan konsumen
· Bersainglah dengan akal sehat serta dengan etika saat beriklan. Tidaklah bagus bila langsung secara terbuka membuat iklan yang langsung membandingkan produk lain secara langsung pada iklan tersebut.
· Tentukan pasar yang dituju, apakah itu berdasarkan umur, lokasi saat ini atau tempat tinggal, kelas sosial, jenis kelamin, dan frekuensi pembelian. Bedakan besarnya perusahaan serta jenis usahanya
Halaman 80
Carilah informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan berikut!
1. Apakah ciri-ciri masyarakat agraris?
· Bergantung kepada kegiatan ekonomi berasaskan kepada pertanian yaitu bercocok tanam dan beternak binatang sebagai sumber kehidupan mereka. Di samping itu mereka juga menjalani kegiatan sampingan yang lain seperti memunggut hasil hutan.
· Mereka tinggal menetap di kawasan tanah pertanian yang subur dan sesuai untuk menjalankan kegiatan pertanian seperti menetap di sekitar kawasan lembah sungai yang mempunyai endapan tanah lahar yang subur.
· Masyarakat agraris juga mempunyai kemahiran atau pengetahuan dalam membina sistem pengairan bagi tujuan mengairi kawasan pertanian mereka.
· Masyarakat agraris juga mempunyai kemahiran dalam mencipta peralatan-peralatan baru bagi menjalankan kegiatan pertanian secara besar-besaran
2. Apa saja komoditas pertanian yang dihasilkan masyarakat agraris?
Jenis-jenis tanaman utama ialah padi sawah, padi huma, ubi taro, dan keladi
Tanaman biji ialah gandum, barli, oat, kubis, kacang dan sebagainya
3. Sebutkan paling sedikit tiga contoh dari setiap komoditas pertanian mulai dari perkebunan, peternakan, dan tanaman pangan.
· Perkebunan: padi sawah, padi huma, ubi, gandum, kacang-kacangan, kelapa sawit, kapas, tembakau, buah-buahan, sayur-sayuran, teh dan kopi.
· Peternakan: peternakan hewan besar (sapi, kuda, kerbau), peternakan hewan kecil (domba, kambing, kelinci), peternakan hewan unggas (ayam, bebek, angsa, burung puyuh)
· Tanaman pangan: Padi, jagung, gandum, Kedelai, Ketela Pohon, Ubi Jalar, Kacang Tanah, Kacang Hijau.
4. Sebutkan ciri-ciri masyarakat nelayan!
· Bermukim di daerah pinggir pantai atau pesisir laut
· Dari segi mata pencaharian. Nelayan adalah mereka yang segala aktivitasnya berkaitan dengan lingkungan laut dan pesisir. Atau mereka yang menjadikan perikanan sebagai mata pencaharian mereka.
· Dari segi cara hidup. Komunitas nelayan adalah komunitas gotong royong. Seperti saat berlayar. Membangun rumah atau tanggul penahan gelombang di sekitar desa.
· Dari segi ketrampilan. Meskipun pekerjaan nelayan adalah pekerjaan berat namun pada umumnya mereka hanya memiliki ketrampilan sederhana. Kebanyakan mereka bekerja sebagai nelayan adalah profesi yang diturunkan oleh orang tua. Bukan yang dipelajari secara professional.
5. Apakah yang dimaksud dengan budidaya perikanan? Sebutkanlah contohnya!
Budidaya perikanan adalah usaha pemeliharaan dan pengembang biakan ikan atau organisme air lainnya. Contohnya ikan, kerang, udang, kepiting, teripang maupun tumbuhan air.
Halaman 81
Perilaku yang Sesuai Nilai Sila Kedua Pancasila di Sekolah | Perilaku yang Sesuai Nilai Sila Kedua Pancasila di Sekitar Rumah |
menghormati guru dan menghormati teman | Jika kita sedang bertengkar dengan adik atau kakak, sebainya kita mengalah dan meminta maaf padanya |
tidak mencela orang lain | Tidak membeda bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi,maupun tingkat pendidikan |
membantu teman yang sedang membutuhkan pertolongan | Membela kebenaran dan keadilan |
bersikap adil dan tidak pandang bulu dalam berteman | Menyadari bahwa kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama |
mengembangkan sikap tidak semena mena terhadap teman |
Halaman 82
Selesaikanlah soal-soal di bawah ini dengan cermat dan teliti!
√225 + √100 x √25 = 15 + 10 x 5 = 125
√625 × √64 : √16 = 25 x 8 : 4 = 50
√256 + √196 – √225 = 16 + 14 – 15 = 15
√400 : √25 x √114 = 20 : 5 x 10,68 = 42,72
√ (121+36) = √157 = 12,5
√ (16 × 49) = √784 = 28
√ (400+225+121) = √746 = 27,3
√225+ √400 = 15 + 20 = 35
√324 × √36 = 18 x 6 = 108
√1.296 : √81= 36 : 9 =4
Halaman 83
1. Mengapa sikap kuda-kuda penting pada olahraga beladiri? Kuda-kuda sangat penting dlm beladiri, karena merupakan pondasi dalam setiap serangan atau bertahan.
2. Mengapa sikap kuda-kuda juga penting pada olahraga lainnya? dalam olah raga lain, kuda-kuda jg penting untuk keseimbangan dan juga menahan tubuh agar tidak mudah jatuh.
3. Sebutkan jenis olahraga lain yang kamu ketahui yang menggunakan sikap kuda-kuda! Badminton, senam, tenis, tinju, silat, Permainan tarik tambang
4. Apakah guna latihan penguatan tungkai kaki? untuk menguatkankan otot2 kaki dan agar kaki tidak mudah cedera serta untuk memperkuat otot kaki agar kuda-kuda yg dilakukan menjadi kokoh dan tidak mudah goyah.
Halaman 86
Tuliskan hasil pengamatan kelompokmu di dalam tabel di bawah ini!
Hal yang diamati | Tanaman kangkung | Tanaman padi | Tanaman mangga |
Bentuk permukaan batang | permukaan batang kangkung halus, bulat dan tdk berkambium | permukaan batang kangkung halus dan tdk berkambium, batang sangat pendek | berbentuk silindris, permukaan batang mangga kasar dan berkambium, Batang mangga tegak, bercabang agak kuat |
Bagian dalam batang | bulat dan berlubang, berbuku-buku, banyak mengandung air | berongga dan bentuknya bulat | Terdapat lapisan kambium yang berlendir dan licin |
Jenis batang | berbatang rongga | berbatang ilalang | berbatang keras |
Halaman 86
Berdasarkan pengamatan kalian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Bagaimana ciri–ciri batang?
· umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai bentuk lain.
· terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi buku-buku dan pada buku-buku inilah terdapat daun.
· biasanya tumbuhnya ke atas.
· ujungnya selalu bertambah panjang.
· mengadakan percabangan.
· umumnya tidak berwarna hijau kecuali tumbuhan yang umurnya pendek
2. Apakah perbedaan dari batang berkayu dengan batang tidak berkayu?
Batang berkayu: batang biasa keras dan kuat, karena sebagian besar terdiri atas kayu
Batang tidak berkayu:
· Batang basah: lunak dan berair
· Batang rumput: batang yang tidak keras, mempunyai ruas-ruas yang nyata dan seringkali berongga.
· Batang mendong: seperti batang rumput, tetapi mempunyai ruas-ruas yang lebih panjang.
3. Sebutkan dan cari gambar contoh tanaman dengan batang berkayu dan tidak berkayu, paling sedikit masing-masing dua contoh
Batang berkayu: Pohon Mangga, semak
Batang tidak berkayu:
· Batang basah: Bayam, krokot
· Batang rumput: Padi, rumput
· Batang mendong: mendong, wlingi, teki
4. Sebutkan dan jelaskan bagaimana batang dimanfaatkan oleh manusia, Tuliskan jawabanmu pada tabel berikut!
No | Penggunaan batang tumbuhan | Kegunaan |
1 | Sebagai mebel | Untuk keperluan rumah tangga (Pohon Jati, Rotan, Mahoni, Sonokeling, Akasia, Trembesi, Kamper) |
2 | Sebagai kerajinan | Untuk dijual sebagai cinderamata (Pohon Bambu, Pohon Kelapa, Pohon Pisang, Pohon Pinus) |
3 | Sebagai bahan bangunan | Untuk membangun rumah (Pohon Cendana, Pohon Cempaka, Majegau, Jati, Pohon Nangka, Bambu) |
4 | Sebagai kayu bakar | Untuk pengganti bahan bakar minyak dan gas (Bakau, Kesambi, Cemala, Johar, Puspa) |
5 | Sebagai bahan baku industri | · Untuk membuat gula (Pohon tebu) · Untuk membuat karet (Pohon Karet) · Untuk membuat sagu (Pohon Sagu) - Untuk Penyedap rasa (Kayu Manis) |
Gambar contoh:
1. Mebel
Mebel |
2. Kerajinan
Kerajinan |
3. Bahan Bangunan
Rumah Kayu |
4. Kayu Bakar
Kayu Bakar |
5. Bahan Baku
- Kayu manis
- Gula
Kayu manis |
Gula |
- Karet
Karet |
- Sagu
Sagu |
Halaman 88
Kayu bakar |
No | Penggunaan bunga tumbuhan | Manfaat |
1 | Sebagai sayuran | Untuk dimakan |
2 | Sebagai alat perkembangbiakkan | Untuk memperbanyak bunga yang tumbuh |
3 | Sebagai tanaman hias | Untuk menghiasi taman, kebun, halaman rumah, halaman perkantoran, bahkan di pinggir-pinggir jalan |
4 | Sebagai dekorasi dan hiasan. | Untuk mempercantik ruangan di dalam rumahnya/ pesta |
5 | Sebagai korsase atau bros | Untuk mempercantik penampilannya |
gambar contoh:
Halaman 89
Properti tari adalah Properti tari adalah segala kelengkapan dan peralatan dalam penampilan atau peragaan menari.
Tema tari adalah pokok pikiran, ide ataupun gagasan seorang penata tari (koreografer) yang akan disampaikan kepada orang lain (penonton) yang kemudian pokok pikiran tadi dituangkan kedalam bentuk-bentuk gerak menjadi sebuah karya seni tari yang disajikan kepada penonton.
Halaman 93
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan cermat:
1. Apakah keuntungan bagi negara Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk yang besar? Keuntungan:
· Mempunyai sumber daya manusia yang banyak
· Mudah memperoleh tenaga kerja
· Menjadi pasar untuk hasil produksi yang potensial
· Menumbuhkan banyak manusia yang punya jiwa wirausaha
· Mempercepat proses pembangunan
2. Apakah yang dilakukan para TKI sebelum mereka bekerja di luar negeri?
Calon tenaga kerja wajib mendapatkan pembekalan dari penyelenggara (Depnaker dan / atau PJTKI) seperti pelatihan kerja, sehingga mereka memiliki skill / keterampilan kerja dan pengetahuan yang cukup, kelengkapan dokumen.
3. Siapakah yang melatih para TKI dengan keterampilan dan bahasa?
Oleh Depnaker dan / atau PJTKI dengan mendatangkan guru-guru sesuai bidangnya.
4. Mengapa mereka harus dilatih dengan keterampilan dan bahasa?
· Karena bahasa asing merupakan kunci orang bisa bekerja dengan baik meskipun tidak mengabaikan pelatihan keterampilan yang lainnya. Calon tenaga kerja yang bisa bekerja dengan baik akan tetapi penguasaan bahasa asingnya kurang maka kerjanyapun akan menjadi sulit karena nanti akan berhadapan dengan orang asing.
· Pelatihan kerja juga merupakan pembekalan terhadap tenaga kerja sehingga mereka bisa terampil dalam menggunakan alat-alat kerja rumah tangga yang ditunjang dengan materi dan sarana pelatihan kerja yang memadai.
Halaman 98
Contoh perilaku sila ke-3 di sekolahku | Contoh perilaku sila ke-3 di lingkungan rumahku |
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | Gotong Royong membangun Gapura/ membersihkan lingkungan |
Mempelajari ragam budaya Indonesia | rukun dengan tetangga |
Tidak membeda-bedakan suku bangsa dalam berteman | secara aktif melindungi kelestarian alam dan kelestarian lingkungan |
Halaman 103
Fokus penelitian yang di khususkan pada dua periode pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, telah menunjukkan perkembangan hubungan kedua negara yang semakin mengalami kemajuan pesat. Hal tersebut terbukti pada semakin banyaknya kerjasama-kerjasama di berbagai bidang.Pemerintah Indonesia dan China sepakat untuk terus membangun hubungan bilateral kedua negara yang mulai disepakati delapan tahun lalu, ditandai dengan sepakat meningkatjan perdagangan dan investasi. Penandatanganan kerjasama yang bukan hanya dalam bidang perdagangan namun telah merambah pada bidang industri, infrastruktur dan transportasi energi sampai ke pariwisata menandai adanya era baru dari hubungan Indonesia dan China yang sebelumnya didominasi oleh trading dan sekarang masuk ke era industrialisasi dan pembangunan non trading
No | Barang-Barang Impor dari Cina ke Indonesia | Barang-Barang Ekspor dari Indonesia ke Cina |
1 | Kapas | minyak bumi |
2 | Bahan Kimia Organik dan Anorganik | mesin listrik |
3 | Pupuk | minyak makan |
4 | Kendaraan dan bagiannya | kertas |
5 | Plastik dan Barang dari Plastik | kayu |
6 | Besi dan Baja | karet |
7 | Alat Elektronik | bijih besi |
8 | Mesin-Mesin/ Pesawat Mekanik | Kulit dan Produk Kulit |
Halaman 105
Manfaat perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara lain:
· Memperoleh Barang dan Jasa yang Tidak Bisa Dihasilkan.
· Memperoleh Teknologi Modern.
· Memperoleh Bahan Baku
· Mempererat hubungan ekonomi dan persahabatan antara negara-negara di dunia
· Barang dari luar negeri dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri,
Halaman 105
Amati baik-baik contoh iklan di atas. Informasi apa yang kamu dapatkan dari iklan
tersebut? Tuliskan hasil pengamatanmu dalam kotak berikut.
· Nama Produk
· Nama Pembuat Produk
· Tempat penghasil produk
· Mutu dan kualitas dari produk
Halaman 107
No | Perkalian pangkat tiga | Penarikan akar pangkat tiga |
2³ = 2 ×2 ×2 = 8 | ³√ 8 = 2 | |
7³= 7 ×7 ×7 = 343 | ³√ 343 = 7 | |
12³= 12 x 12 x 12 = 1728 | ³√ 1728 = 12 | |
13³= 13 x 13 x 13 = 2197 | ³√ 2197 = 13 | |
16³= 16 x 16 x 16 = 4096 | ³√ 4096 = 16 | |
21³= 21 x 21 x 21 = 9261 | ³√ 9261 = 21 | |
24³= 24 x 24 x 24 = 13824 | ³√ 13824 = 24 | |
27³= 27 x 27 x 27 = 19683 | ³√ 19683 = 27 | |
32³= 32 x 32 x 32 = 32768 | ³√ 32768 = 32 | |
45³= 45 x 45 x 45 = 91125 | ³√ 91125 = 45 |
Halaman 110
1. Perhatikan gambar-gambar dalam tabel berikut. Beri tanda V pada kolom yang sesuai.
No | Nama Gambar | Asal Dari | |
Tumbuhan | Selain Tumbuhan | ||
1 | Nasi | ˅ | |
2 | Buah-buahan | ˅ | |
3 | Ayam Goreng | ˅ | |
4 | Bunga | ˅ | |
5 | Sayuran | ˅ | |
6 | Telor ceplok | ˅ | |
7 | Meja | ˅ | |
8 | Rumah kayu | ˅ | |
9 | Kerajinan bambu | ˅ | |
10 | Laptop | ˅ |
Halaman 111
2. Amatilah benda-benda di sekitarmu dan makanan-makanan yang pernah kamu makan. Adakah di antara benda-benda dan makanan itu berasal dari tumbuhan? Jika ada, sebutkan satu per satu. Tuliskan dalam tabel berikut.
No | Berasal Dari Tumbuhan | |
Benda | Makanan | |
1 | Kursi Kayu | Bubur kacang ijo |
2 | Tikar | Nasi |
3 | Rumah bambu | Buntil |
4 | Alat musik: angklung | Gula aren dan Gula Pasir |
5 | Alat olah raga: pemukul kasti | Mentega |
6 | Bahan bangunan: pintu dan jendela kayu | Roti |
Halaman 112
Unsur-unsur daya tarik iklan:
· Unsur Gambar: Ada berapa jenis gambar yang akan dimasukkan dalam iklan termasuk juga background.
· Unsur Tulisan: Ada berapa jenis dan panjang tulisan yang akan digunakan dalam iklan serta bahasanya mudah dipahami dan menarik.
· Unsur Warna: Komposisi warna yang digunakan dalam iklan.
Halaman 113
Motif dekoratif adalah: Bentuk-bentuk objek di alam yang disederhanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya. Misalnya, bunga, hewan, tumbuhan yang digayakan. Kesan tentang bunga, hewan, tumbuhan harus masih ada pada motif itu
Gambar dekoratif adalah:berupa gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata, tidak ada kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan.
Halaman 114
Ketika aku rapat bersama teman-teman di sekolah:
Aku dan teman-teman mengadakan rapat di kelas membicarakan tentang pemilihan tempat wisata yang akan kami datangi pada liburan akhir semester. Suasana di kelas pada saat itu sangat riuh dan ramai. Kami semua berlomba-lomba memberikan ide tentang tempat wisata mana yang akan kami kunjungi. Akhirnya kami mengadakan musyawarah untuk mencapai 1 suara. Sehingga kami mendapatkan solusi tempat wisata yang akan kami kunjungi.
Halaman 115
Bagaimana tanggapanmu terhadap perbedaan pendapat yang terjadi antara Adi
dengan Rini dan Yudi?
Perbedaan pendapat adalah hal yang biasa terjadi sehari-hari. Dan hal tersebut adalah wajar dan sah-sah saja, asal kita bisa menahan diri dan tak selalu mementingkan ego diri sendiri. Dan kita harus bisa menghormati dan menghargai pendapat orang lain seperti layaknya kita menghargai diri sendiri.
Lalu, usul apa yang dapat kamu berikan untuk menjembatani kedua usul yang berseberangan tersebut?
Dalam melaksanakan kegiatan yang menjadi kepentingan bersama pasti akan ada hal-hal yang perlu dibicarakan dan diputuskan bersama. Pengambilan keputusan bersama dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui musyawarah untuk mufakat dan voting (pemungutan suara).
Halaman 116
Tuliskan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan sila ketiga dan keempat
Pancasila. Tuliskan dalam tabel berikut.
No | Contoh Perilaku di Sekolah | |
Sesuai Sila Ketiga Pancasila | Sesuai Sila Keempat Pancasila | |
1 | Mengutamakan persatuan dengan teman | Menghormati usulan yang berbeda |
2 | Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | Menerima saran yang dimasukkan teman saat musyawarah |
3 | Mempelajari ragam budaya Indonesia | Tidak memaksakan kehendak |
4 | Tidak membeda-bedakan suku bangsa dalam berteman | Menyelesaikan masalah dengan musyawarah |
5 | Rukun dengan teman | Bijaksana dan berlapang dada jika pendapat tidak di terima saat musyawarah di kelas |
6 | Mengharumkan nama bangsa dengan prestasi yang baik. | Berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah dan bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut. |
Halaman 117
Contoh-contoh dari produk-produk ekspor Indonesia:
· Hasil Hutan: Rotan, kayu bulat,kay gergajian, kayu lapis, kayu olahan, kerajinan, lembaran veneer, papan serat.
· Hasil Pertanian: Karet, kopi, kakao, kapas, kelapa sawit, cengkeh , teh , lada, kina, tembakau.
· Hasil Perikanan:Ikan tuna, cakalang, udang dan bandeng.
· Hasil Pertambangan: Timah, alumunium, batu bara tembaga dan emas.
· Hasil Industri: Semen, pupuk, tekstil, rokok, kertas, dan pakaian jadi
· Jasa: Tenaga kerja yang dikirim ke Malaysia dan negara-negara Timur Tengah.
Apakah manfaat dari musyawarah dan mufakat bagi kegiatan ekspor dan impor?
· Agar bisa menghasilkan keputusan yg disepakati semua anggota sehingga menghasilkan kerja sama yang baik.
· Supaya keuntungan bisa diperoleh kedua belah pihak dan tidak terjadi kesalahan transaksi akibat miskomunikasi.
Sebutkan manfaat dari pertukaran barang dan jasa yang dilakukan Indonesia dengan negara-negara lain:
· Barang produksi negara kita akan dikenal oleh negara lain.
· Membantu mencukupi kebutuhan masing-masing negara.
· meningkatkan devisa negara.
· Barang dari luar negeri dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri.
· Mempererat hubungan ekonomi dan persahabatan antara negara-negara di dunia.
· Meningkatkan produksi kedua negara.
Halaman 119
Sekarang kamu coba sendiri untuk mencari pangkat 3 dari bilangan-bilangan berikut:
9³ = 729
1³ = 1
13³ = 2197
15³ = 3375
14³ = 2744
6³ =216
12³ = 1728
8³ = 512
2³ = 8
3³ = 27
5³ = 125
4³ = 64
Halaman 120
Sekarang kamu coba sendiri untuk mencari akar pangkat 3 dari bilangan-bilangan berikut:
³√64 = 4
³√1 = 1
³√8 = 2
³√125 = 5
Halaman 121
Perhatikan gambar peta di atas.
1. Di daerah manakah kamu tinggal? Kota Bandung Jawa Barat
2. Bagaimana kondisi wilayah tempat kamu tinggal? Apakah berupa pegunungan, daratan, atau daerah perairan? Pegunungan dan daratan
3. Berupa apakah daerah tempat tinggalmu? Perkotaan, pedesaan, atau pesisir? Perkotaan
4. Bagaimana kehidupan masyarakat sekitar tempat tinggalmu? Kota Bandung dapat dikatakan pusat aktivitas perekonomian Jawa Barat. Kondisi ini menyebabkan Kota Bandung menjadi magnet penarik bagi kota-kota disekitarnya. Kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Bandung telah menyatu dan relatif sulit untuk dapat dibedakan secara jelas dengan masyarakat daerah tetangga. Selain itu, pasca dibukanya akses jalan tol langsung menuju Kota Jakarta, Kota Bandung telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) khususnya di masa akhir pekan. Hal ini berdampak semakin besarnya permintaan khususnya barang konsumsi dan jasa di Kota Bandung yang memiliki dampak positif terhadap perkembangan ekonomi Kota Bandung. Struktur ekonomi masyarakat Kota Bandung, terutama berasal dari kegiatan sektor jasa (tersier) dan sektor industry pengolahan (sekunder).
Halaman 121
Kehidupan masyarakat di daerah Perkotaan:
Masyarakat kota memiliki kriteria hidup Individualis terlalu memikirkan karir yang hidupnya untuk mengejar kesuksesan, cenderung Masyarakat kota ini berpendapatan menengah keatas dan memiliki pekerjaan yang beragam. Dalam hal pendidikan pun Masyarakat kota berpendidikan cukup bahkan lebih, dan tradisi atau adat istiadat pun sudah tidak banyak yang memakai adat di Indonesia, sudah banyak yang meniru kebiasaan - kebiasaan orang barat.
Halaman 122
Kehidupan masyarakat di daerah Pedesaan:
Masyarakat ini hidup di sebuah desa atau perkampungan yang mayoritas penduduknya berpendidikan rendah, memiliki pendapatan menengah kebawah, masyarakat desa ini masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat seperti hidup bergotong royong, hidup tenggang rasa, saling mengenal antar tetangga bahkan sangat dekat. Masyarakat desa juga biasanya memiliki pekerjaan yang hampir sama satu sama lainnya yaitu bertani, berternak dan berdagang.
Kehidupan masyarakat di daerah Pesisir:
Masyarakat pesisir merupakan sekumpulan masyarakat yang hidup bersama-sama yang mendiami suatu wilayah pesisir, membentuk dan memiliki kebudayaan yang khas yang terkait dengan ketergantungannya pada pemanfaatan sumber daya pesisir dan laut. Masyarakat pesisir pada umumnya sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di sektor pemanfaatan sumberdaya kelautan, seperti nelayan, pembudidaya ikan, pedagang ikan penambangan pasir dan transportasi laut
Halaman 122
Amatilah kondisi wilayah pedesaan dan wilayah perkotaan di dekatmu. Jika tidak memungkinkan, lihatlah gambar-gambar di surat kabar, majalah, atau sumber - sumber lain. Amatilah kedua wilayah tersebut baik-baik, lalu jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut.
1. Bagaimana masyarakat wilayah pedesaan dan perkotaan berhubungan dengan alam?
Masyarakat perdesaan berhubungan kuat dengan alam, karena lokasi geografis nya di daerah desa. Penduduk yang tinggal di desa akan banyak ditentukan oleh kepercayaan dan hukum alam. Berbeda dengan penduduk yang tinggal di kota yang kehidupannya bebas dari realitas alam.
2. Apa pekerjaan sebagian besar masyarakat pedesaan? Bertani, berkebun, beternak
Apa pula pekerjaan sebagian besar masyarakat perkotaan? Begerak di bidang perdagangan dan jasa serta meliputi pekerjaan formal dan non formal dengan berbagai bidang kehidupan yang ada misalnya berbagai pekejaan spesialis seperti dokter, insinyur, jaksa, konsultan dan lain sebagainya.
Adakah perbedaan jenis pekerjaan di kedua wilayah itu? Di wilayah pedesaan cara berusaha (Kegiatan ekonomi) nya adalah agraris yang paling umum yang sangat dipengaruhi alam sekitar seperti : iklim, keadaan alam, kekayaan alam, sedangkan pekerjaan yang bukan agraris adalah bersifat sambilan. Sedangkan di perkotaan terdapat berbagai jenis pekerjaan yang tergantung dari keahlian masing-masing individu dan tidak tergantung dengan alam.
3. Adakah perbedaan ukuran komunitas masyarakat pedesaan dan perkotaan? Ada.
Mana yang lebih besar? Komunitas pendesaan biasanya lebih kecil dari komunitas perkotaan.
4. Bagaimana kepadatan penduduk wilayah perkotaan dan pedesaan? Wilayah mana yang lebih padat penduduknya? Mengapa? Penduduk desa kepadatannya lebih rendah bila dibandingkan dengan kepadatan penduduk kota. Kepadatan penduduk suatu komunitas kenaikannya berhubungan dengan klasifikasi dari kota itu sendiri.
Halaman 124
Warga Desa Cinta Damai bergotong royong membuat tempat pembuangan sampah. Tempat pembuangan sampah itu akan dibuat berbentuk kubus. Warga membuat berbagai pilihan ukuran yang sesuai dengan volume sampah yang dapat ditampung di tempat pembuangan sampah itu. Lengkapilah tabel berikut.
Ukuran Bak Sampah | |||||
Volume (dm³) | 1.728 | 2.744 | 12.167 | 4.913 | 15.625 |
Panjang sisi (dm) | 12 | 14 | 23 | 17 | 25 |
Halaman 124
1. Sebuah tangki minyak berbentuk kubus. Tangki itu penuh berisi minyak dengan volume 512.000 liter. Berapa m panjang sisi tangki itu?
Volume tangki = 512.000 liter = 512.000 dm³
³√512.000 = 80 dm = 8 m Jadi, panjang sisi tangki itu adalah 8 m
³√512.000 = 80 dm = 8 m Jadi, panjang sisi tangki itu adalah 8 m
2. Dodi membuat kubus dari tanah liat. Banyak tanah liat yang digunakan Dodi untuk membuat kubus 4.913 cm³. Berapa ukuran panjang sisi kubus yang dibuat Dodi?
Sisi kubus =³√4.913 = 17 cm Jadi, panjang sisi kubus yang dibuat Dodi adalah 17 cm.
3. Tentukan akar pangkat tiga dari
a. 389.017 = ³√389.017 =73
b. 592.704 = ³√592.704 =84
c. 884.736 = ³√884.736 =96
4. Sebuah akuarium berbentuk kubus berisi air setinggi 1/3-nya. Volume air dalam akuarium tersebut 1.125 liter. Berapa panjang sisi akuarium itu?
Volume air = 1.125 liter
Volume aquarium = 1/3 × 1.125 = 3.375 liter = ³√3.375 =15
Jadi, panjang rusuk aquarium adalah 15 dm.
Volume aquarium = 1/3 × 1.125 = 3.375 liter = ³√3.375 =15
Jadi, panjang rusuk aquarium adalah 15 dm.
Halaman 125
Perhatikan gambar-gambar berikut. Dari bagian tumbuhan manakah setiap gambar? Tandai V pada kolom yang sesuai
No | Gambar | Bagian Tumbuhan | ||||
Akar | Batang | Daun | Bunga | Buah | ||
1 | Wortel | V | | | | |
2 | Bayam | | | V | | |
3 | Tomat | | | | | V |
4 | Bambu | | V | | | |
5 | Anggrek | | | | V | |
6 | Singkong | V | | | | |
7 | Brokoli | | | V | | |
Halaman 127
Tumbuhan dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagian
tumbuhan yang dimanfaatkan antara lain akar, batang, daun, buah, dan bijinya.
Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan bagian tumbuhan oleh manusia.
1. Tumbuhan sebagai bahan makanan.
Tumbuhan di sekitar kita banyak yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan
manusia. Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan
makanan antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
a. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya, yaitu Lobak, ubi, singkong, bengkoang, wortel, jahe, kentang
b. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya, yaitu Sagu, tebu, enau
c. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya, yaitu Salada, kol, melinjo, singkong, bayam, kangkung.
d. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bunganya, yaitu kol, kubis, dan turi. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya, yaitu Duren, Jeruk, apel, mangga, pepaya, dan pisang merupakan jenis tumbuhan yang buahnya dapat langsung dimakan oleh kita tanpa harus diolah terlebih dahulu serta jenis tumbuhan lain yang dimanfaatkan buahnya sebagai bahan makanan tapi tidak dapat dimakan langsung, seperti terong, melinjo dan labu siem.
e. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya, yaitu Beras, jagung, dan gandum serta kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang panjang.
2. Tumbuhan sebagai bahan pakaian.
Bahan pakaian yang berasal dari tumbuhan, antara lain kain katun terbuat dari serat tumbuhan kapas dan kain linen terbuat dari serat tumbuhan lenan
3. Tumbuhan sebagai bahan bangunan perabot rumah tangga.
Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga biasanya bagian batangnya. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, yaitu Pohon Balau, Bangkirai, belangeran, cengal, giam, kapur, kempas, keruing, lara, rasamala, Pohon Cendana, Pohon Cempaka, Majegau, Jati, Pohon Nangka, Bambu.
4. Tumbuhan sebagai bahan obat-obatan.
Bagian-bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan obat-obatan, antara lain akar, batang, daun, bunga, dan biji.
a. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya untuk obat, yaitu kunyit, jahe, laos, temulawak, bawang merah, bawang putih/
b. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya untuk obat, yaitu Pohon Sukun, pohon pepaya, pohon sirsak, pohon kemuning, pohon teratai.
c. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya untuk obat, yaitu Pohon ketapang, pohon murbei, mahkota dewa, pohon waru, pohon pinang.
d. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bunganya untuk obat, yaitu Pohon sirsak, pohon sukun, pohon delima, pohon kamboja, pohon ciplukan
e. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk obat, yaitu Pohon sirsak, pohon jambu biji, pohon mangrove, pohon sukun, pohon ciplukan.
f. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya untuk obat, yaitu Pohon pepaya, pohon jarak, pohon delima, pohon rambutan, pohon alpukat
5. Tumbuhan sebagai penghasil minyak atsiri.
Minyak atsiri dimanfaatkan untuk industri parfum, kosmetik, makanan atau minuman. Minyak atsiri dapat digunakan untuk pewangi dan penguat rasa makanan. Contoh tumbuhan penghasil minyak atsiri, yaitu Pohon Cempaka, pohon kantil, pohon kenanga, pohon ylang-ylang, pohon sintok, pohon cengkeh, Akar Wangi, Kemuning, sereh, kayu putih.
6. Tumbuhan sebagai bahan baku industri.
Contoh bahan baku industri yang berasal dari tumbuhan, antara lain getah batang pohon karet untuk membuat produk berbahan karet seperti ban, karet gelang. Getah batang pohon pinus untuk membuat minyak terpentin (biasanya digunakan sebagai pelarut untuk mengencerkan cat minyak untuk bahan campuran vernis yang bias kita gunakan untuk mengkilapkan permukaan kayu dan bisa untuk bahan baku kimia lainnya), dan buah kelapa sawit digunakan untuk membuat Minyak kelapa sawit 2. sebagai bahan pembuat sabun 3. margarine 4.lilin 5.dan lem timah.
7. Tumbuhan sebagai bahan pewarna alami.
Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan untuk pewarna alami, antara lain daun, batang, bunga, biji. Yaitu dari daun suji, kunyit, kulit manggis, ubi ungu, buah cokelat, batang secang, bunga belimbing, bunga telang, cabe merah, buah kluwak, daun pandan, kulit bunga rossela, wortel.
8. Tumbuhan sebagai bahan penyedap makanan.
Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan penyedap makanan, antara lain daun seledri, bawang putih, jahe, kayu manis, daun sereh.
9. Tumbuhan sebagai bahan kerajinan tangan.
Bagian-bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan, di antaranya batang pohon bambu, pohon rotan, pelepah pisang, kulit jagung, eceng gondok.
0 Response to "KUNCI JAWABAN TEMATIK TEMA 5 KELAS 5"
Posting Komentar