Empat Hal Ini Sepele, Tapi Sangat Berbahaya Untuk Kesehatan

dfafafda
Sesuatu yang sudah menjadi Hal biasa memang tidak mudah untuk di hilangkan. Kadang karena ketidaktahuan dan kurangnya informasi hal biasa yang buruk tetap kita lakukan. Padahal dari hal-hal sepele atau kebiasaan tersebut kesehatan kita akan terganggu. Apalagi jika kebiasaan itu berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Kita akan beresiko terkena kanker. Nah sahabat Rumah Salam, Ternyata ada beberapa hal dari kebiasaan kita sehari-hari yang harus di hindari. Agar kita dan keluarga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan di kemudian hari. Berikut ini adalah hal sepele, tapi sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan kita.
  1. Membeli makanan dengan kemasan kantong plastik hitam. Apakah anda sering membeli jajanan dengan kemasan? Kita berpikir menggunakan plastik hitam untuk pembungkus makanan merupakan hal yang lumrah. Padahal sebenarnya ada yang membahayakan kesehatan kita dibalik penggunaan plastik hitam tersebut. Sebaiknya mulai sekarang Anda cermat memilih kemasan makanan. Beberapa kertas kemasan dan non-kemasan seperti kertas koran, kertas majalah yang sering digunakan untuk membungkus makanan, ternyata mengandung timbal (Pb) yang dapat merusak kesehatan. Selain itu pembungkus makanan yang berbahaya adalah kantong plastik yang berwarna hitam. Tahukah anda bahwa kemasan-kemasan tersebut adalah produk daur ulang yang mengandung bahan kimia berbahaya. Karena pada proses pembentukan kembali/proses daur ulang, produsen juga tidak memperhatikan bahan yang didaur ulang. Padahal bahan yang di daur ulang itu bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan, atau limbah logam berat. Jadi setelah anda mengetahui info ini, sebaiknya ketika anda membeli jajanan atau gorengan, hindari pembungkus yang berbahaya tersebut. Banyak makanan jajanan seperti gorengan yang dibungkus dengan kertas koran atau plastik terutama plastik hitam (kresek), padahal ini berbahaya karena bahan yang panas dan berlemak akan mempermudah berpindahnya zat  timbal ke makanan. Pilihlah plastik yang berwarna putih atau bening.
    Empat Hal Ini Sepele, Tapi Sangat Berbahaya Untuk Kesehatan
  2. Meminum air dari botol bekas minuman mineral yang digunakan berulang. Apakah sebagian dari kita memiliki kebiasaan menggunakan ulang botol plastik bekas air mineral seperti Aqua, Ades, VIT, dan lain-lain. Kebiasaan ini sebenarnya tidak baik dan akan memberi dampak negatif kepada kesehatan kita, kenapa hal itu bisa berbahaya? Alasannya karena bahan plastik botol bekas air mineral (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate atau PET) yang dipakai di botol ini mengandung zat-zat karsinogen (atau DEHA). Dalam penggunaannya Botol ini aman untuk dipakai hanya 1-2 kali saja, tidak boleh di gunakan dalam waktu yang lama, dan harus ditaruh di tempat yang sejuk dan jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke dalam air yang kita minum. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, sebaiknya membeli botol air yang memang diperuntukan untuk dipakai berulang-ulang.
  3. Sering mengkonsumsi mie instan. Untuk para penggemar mi instan, pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3 (tiga) hari untuk tidak mengkonsumsi mie lagi setelah Anda mengkonsumsi sebelumnya. Hasil dari sebuah penelitian dan informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mi instan. Itu sebabnya mengapa mi instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan atau resiko seseorang terkena kanker. Dokter mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam mi instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut. Akan lebih baik lagi jika dalam memasak mie instan, anda tidak menggunakan air dari rebusan untuk mengurangi kandungan lilin tersebut.
  4. Sering Meminum soft drink. Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman ini. Ketika kita merasa haus, kita cenderung memilih softdrink untuk menghilangkan haus tersebut. Padahal softdrink atau minuman bersoda tidak dapat menghilangkan rasa haus, malah akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis, sebuah kondisi yang melemahkan tubuh pada tingkat serius. Pada gilirannya akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan dan menimbulkan berbagai penyakit. Selain itu Softdrinks juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan penyakit jantung (kekurangan magnesium), osteoporosis (kekurangan kalsium) dan banyak lagi. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral. Sebaiknya jika anda haus, minumlah air mineral murni. 

0 Response to "Empat Hal Ini Sepele, Tapi Sangat Berbahaya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar