Yang Harus Dilakukan Agar Waktu Tidak Berlalu Begitu Saja

dfafafda
Setiap manusia hidup akan melalui waktu untuk berproses. Dari sejak lahir, anak-anak, menjadi remaja, dewasa, menikah, memiliki keluarga, menjadi tua lalu meninggalkan dunia atau mati. Batas akhir hidup manusia tidak di tentukan berdasarkan usia, karena mati bisa di alami siapa saja, muda atau tua. Jika waktu hidup yang di amanahkan Allah berakhir, maka tidak ada seorangpun yang bisa menundanya.  Dan Tidak ada seorangpun yang mampu mengulang waktu yang telah di tinggalkannya.

Nikmat waktu adalah salah satu nikmat yang sering di lalaikan manusia. Mereka tidak menyadari betapa berharganya waktu. Urgensi waktu dapat di lihat dari firman Allah dalam kitab suci Al qur’an surat Al-Hasr ayat 1-3. “ Demi masa, sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, saling menasehati dengan kebaikan dan saling menasehati dalam kesabaran. Begitu juga dalam hadist, Rasullullah SAW bersabda “ ada dua nikmat dimana manusia kebanyakan lalai atas dua nikmat ini, nikmat sehat dan nikmat waktu longgar ” (HR Bukhari-Muslim).

Sahabat rumah salam.. Betapa pentingnya waktu dalam hidup kita. Karena waktu akan terus berjalan, sementara Jatah atau sisa hidup kita semakin hari semakin berkurang. Maka yang harus kita lakukan agar waktu kita tidak berlalu begitu saja. Adalah :
yang harusdilakukan agar waktu tidak berlalu begitu saja
  1. Lakukan kegiatan positif dan bermanfaat. Setiap perbuatan baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik. Sepanjang hari bila di cermati, betapa banyak hal positif yang bisa kita lakukan. Beribadah yang benar, membaca kitab Al-quran, menghadiri majlis ilmu, ikut serta di kegiatan sosial, menjalin silaturahim, membantu orang tua, saudara atau tetangga dan lain-lain. Kita bisa mengambil setiap kesempatan baik yang kita temui. Jika tidak kita ambil, kesempatan untuk berbuat baik belum tentu bisa terulang. Karena Kita tidak pernah tau dan tidak bisa menjamin apakah esok hari kita masih bisa Menghirup udara dan menatap matahari atau tidak. Sadarilahbahwasannya setiap kegiatan positif yang kita lakukan akan berdampak pada kita dan pada orang –orang di sekeliling kita. 
  2. Memiliki amalan harian meski sedikit. Selain ibadah wajib, kita juga harus melakukan ibadah sunah. Mengamalkan sunah merupakan salah satu perbuatan yang bisa mendekatkankita kepada Allah. Amalan sunah tidak selalu di anjurkan dalam kuantitas banyak, namun jika dilakukan dengan rutin meskipun sedikit, itu lebih baik. Seperti dalam hadist Rasulullah SAW bersabda “ wahai manusia, lakukan amalan semmapu kalian, maka sesungguhnya Allah tidak akan bosan hingga kalian bosan. Dan sesungguhnya sebaik-baik amal adalah apa yang rutin walaupun sedikit” (HR. Bukhari-Muslim).
  3. Memperbanyak istigfar dan sedekah. Membiasakan beisitigfar berarti membiasakan diri untuk memohon ampunan pada Allah atas semua hal yang salah. Istigfar di maknai sebagai upaya mengintropeksi dan mengevaluasi diri agar hari esok lebih baik dari hari yang telah berlalu sebelumnya. Sedangkan sedekah merupakan perbuatan yang akan mendatangkan keberkahan bagi pelakunya. Agar waktu kita bernilai di hadapan Allah maka bersitigfar dan bersedekahlah.
  4. Memperluas silaturahim. Hikmah dari menyambungkan Silaturahim adalah bisa memanjangkan umur dan memperluas rizki. Dengan memperluas silaturahim kita akan banyak memiliki saudara. Memiliki banyak saudara bisa menjadi penyebab, rizki itu datang menghampiri kita. Kita akan menerima banyak kebaikan dengan silaturahim. Waktupun akan terasa lebih bermanfaat dan berharga.
  5. Berbuat baik pada orang lain. Allah tidak hanya memerintahkan agar setiap hambanya memperbanyak ibadah dan memperbaiki amalannya, akan tetapi Allah juga memerintahkan kita agar berbuat baik terhadap sesama. Ada banyak ayat dalam kitabNya yang menyatakan bahwasannyakita harus selalu berbuat baik kepada orang lain. Salah satu ciri berkahnya waktu adalah dilihat dari berapa banyak perbuatan baik yang kita lakukan, bisa di rasakan manfaatnya oleh orang lain.
  6. Bersyukur dan Berbagi dengan sesama. Bersyukur dan berbagi adalah dua hal yang saling berhubungan. Keduanya memiliki makna sebagai jalan untuk mendatangkan kebaikan. Dengan bersyukur Allah akan menambah nikmatnya dan dengan berbagi Allah akan memberi sesuatu yang lebih dari apa yangkita berikan. Pun dengan“berbagi bisa bahagia dan membahagiakan”.
Sahabat enam hal itulah yang akan menjadikan waktu hidup kita tidak berlalu begitu saja. Karena dari perbuatan-perbuatan itulah kita akan menuai kebaikan, dari perbuatan itulah kita akan menemukan kebahagian hidup dimasa depan. Waktu adalah amanah dan anugrah, Maka bagi kita, kapan saja dimana saja, jangan pernah mengabaikan waktu. Manfaatkanlah sebaik mungkin. Bila seluruh hidup ini kesempatan, maka sepanjang itu pula kita harus pandai-pandai memanfaatkan.

0 Response to "Yang Harus Dilakukan Agar Waktu Tidak Berlalu Begitu Saja"

Posting Komentar