5 Tips Sehat Bagi Penderita Penyakit Maag Yang Ingin Berpuasa

dfafafda
Puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Meskipun bersifat wajib, namun ada keringanan untuk orang tertentu seperti ibu yang hamil, menyusui, dalam kondisi sakit atau sedang dalam perjalanan jauh. Puasa merupakan ibadah yang tidak memberatkan. Sebaliknya puasa memberikan banyak manfaat dan kebaikan. Di tinjau dari sisi kesehatanpun, terbukti puasa menjadi terapi untuk mengembalikan fungsi optimal organ tubuh. Bukan hanya kesehatan jasmani, tapi puasa juga berdampak baik bagi kesehatan rohani seseorang. 

Untuk seseorang yang menderita penyakit maag, ada kehawatiran jika penyakitnya akan menjadi lebih parah ketika menjalankan ibadah puasa. DR dr Ari Fahrial (Spesialis penyakit dalam, Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) Jakarta,) Syam menjelaskan istilah sakit maag dalam dunia medis dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni sakit maag fungsional dan sakit maag organik.

Beliau menambahkan, penderita maag karena gangguan fungsional, biasanya saat berpuasa keluhan sakitnya berkurang dan merasa lebih sehat saat berpuasa. Karena keluhan sakit maag pada pasien jenis ini akibat ketidakteraturan makan, konsumsi makanan berlemak, asam dan pedas, serta konsumsi minuman soda dan kopi. Adapun pada kelainan organik khususnya pada penderita tukak atau luka yang dalam dan cenderung terjadi perdarahan atau kanker lambung yang juga selalu berdarah tidak dapat melaksanakan puasa. 

Berikut ini tips sehat berpuasa bagi anda yang memiliki penyakit maag:
  1. Sebelum puasa hendaknya memeriksakan diri ke dokter, Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan awal, apakah magg anda termasuk penyakit maag fungsional atau penyakit maag organik. Dengan begitu anda akan memperoleh saran dari dokter, apakah anda memungkinkan untuk berpuasa. Karena bagi penderita maag yang akut, sedang mual dan muntah bahkan muntah darah atau buang air besar hitam mereka jelas tidak boleh berpuasa.
    5 tips sehat bagi penderita penyakit maag yang ingin berpuasa
  2. Pada waktu malam ketika berbuka dan sahur, hindari makanan yang pedas, berlemak,  minuman soda, sirop jeruk atau kopi. Jika anda mengkonsumsi buah, pilih buah yang manis dan hindari yang rasanya asam. Hal itu dapat meminimalisir peningkatan asam lambung. Untuk mengawali buka puasa, Anda dapat memakan kurma 7 buah, Kurma mengandung gula dan air yang sangat baik untuk tubuh. 
  3. Tetap menjaga pola makan yang sehat, jangan berlebihan ketika berbuka karena akan memperberat kerja lambung. Makanlah secara perlahan, dan sebaiknya pilih makanan yang mudah di cerna dan lembut. Makanan yang sulit dicerna akan memperlambat pengosongan lambung, hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, antara lain makanan berlemak,kue tar,cokelat,dan keju Sikap tergesa-gesa saat makan akan memicu rasa sakit di perut dan di lambung.
  4. Konsumsi sayuran dan air putih yang cukup, hindari sayuran tertentu seperti kol dan sawi, karena dapat memperberat gejala sakit maag. Minumlah air putih yang cukup, sebelum dan sesudah makan sahur. Ketika berpuasa tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup. Konsumsi cukup air menghindarkan tubuh dari dehidrasi.
  5. Berdoa, berprasangka baik dan memantapkan hati pada Allah, agar anda bisa menjalankan puasa dengan baik dan mendapatkan pahala yang berlipatganada. Karena Allah tidak pernah membebani seseorang di luar kemampuannya dan Allah sesuai dengan prasangka hambaNya. Jika anda yakin, anda pasti bisa menjalankannya. insyAllah puasa anda tidak akan memperparah penyakit maag, bahkan akan mungkin saja penyakit maag anda akan Allah sembuhkan setelah berpuasa.
Selamat berpuasa..

0 Response to "5 Tips Sehat Bagi Penderita Penyakit Maag Yang Ingin Berpuasa"

Posting Komentar