Berpuasa Bisa Memperlambat Penuaan, dan Memperpanjang Hidup

dfafafda
Berpuasa sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim di dunia, terutama di bulan Ramadhan. Tidak hanya sebagai ibadah, puasa yang dalam prosesnya selain menahan haus dan lapar, dari sisi ilmu kedokteran, berpuasa ternyata bisa memberikan Anda sejumlah manfaat kesehatan. Bahkan dari manfaat kesehatan yang di dapat, dapat menghambat penuaan, dan memperpanjang usia.

Seperti yang pernah di muat oleh dailymail.co.uk, yang menunjukkan hasil penelitian bahwa puasa mampu memperlambat penuaan dan memperpanjang hidup. “Pemotongan jumlah kalori yang Anda makan hingga setengah, selama lima hari dalam sebulan akan membantu Anda hidup lebih lama.”ungkap para ilmuwan.

Hal serupa pernah di ungkapkan oleh dr Siti Setiati, SpPD, spesialis penyakit dalam dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indoenesia (FKUI). Menurutnya dengan berpuasa, jumlah kalori makanan akan berkurang.

"Pembatasan jumlah kalori makanan adalah salah satu cara yang telah terbukti dapat memperlambat penuaan serta mencegah penyakit yang sering timbul pada usia lanjut dan kanker," 

Saat berpuasa, umumnya akan terjadi pengurangan jumlah kalori yang diasup hingga 10-40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Hasil penelitian pada binatang menunjukkan, dengan mengurangi jumlah kalori, ternyata dapat memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan risiko kanker, serta mencegah berkembangnya penyakit, seperti diabetes dan ginjal.
berpuasa bisa memperlambat penuaan, dan memperpanjang hidup
"Penelitian pada manusia juga sudah ada. Hasilnya, komposisi lemak tubuh berkurang, tekanan darah membaik, kolesterol turun, risiko diabetes berkurang, dan dapat memperlambat proses penuaan," katanya.
Ada pula peneliti yang menciptakan ‘diet meniru puasa’ di mana efek menguntungkan dari puasa dapat dirasakan hanya dengan berdiet. Misal Profesor Vaiter Longo, USD Davis School of Gerontology. Menurutnya “Puasa ketat sulit bagi orang untuk menjalaninya, dan juga bisa berbahaya, jadi kami mengembangkan diet yang kompleks yang memicu efek yang sama dalam tubuh.”  Dimana diet ini jika dilakukan dapat mengurangi jumlah kalori yang dimakan sekitar 34-54 %.

Sahabat Rumah Salam, itulah keuntungan melakukan puasa menurut berbagai penelitian. Bahkan orang yang tidak menjalankan puasa sebagai kewajiban, membuat diet yang menyerupai puasa agar dapat merasakan keuntungannya.

0 Response to "Berpuasa Bisa Memperlambat Penuaan, dan Memperpanjang Hidup"

Posting Komentar