Mencegah Bau Mulut, dengan 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini

dfafafda
Memiliki aroma nafas yang tidak segar akan menurunkan kepercayaan diri kita. Terlebih lagi ketika kita berada di tengah sahabat atau rekan kerja. Tentu saja kita tidak ingin mereka menjauhi kita hanya karena masalah itu. Hal ini akan menjadi masalah yang cukup serius jika kita abaikan. Menjaga kesehatan mulut dengan menghindari makanan yang memiliki bau menyengat atau rajin berkumur dengan mouth wash. Atau jika sudah sangat mengganggu, anda bisa memeriksakan diri ke dokter. Karena bau mulut atau aroma nafas tak segar bisa di sebabkan oleh kondisi pencernaan kita yang tidak sehat atau terjadi kerusakan paada gigi.

Untuk menghilangkan bau mulut, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang menyengat seperti bawang putih, petai, jengkol dll. memelihara kesehatan mulut itu penting, maka jagalah kesehatan mulut kita. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa menyegarkan nafas kita : 
    mencegah bau mulut, dengan 9 jenis makanan dan minuman ini
  1. Air Putih. Untuk membuat napas anda menjadi segar, Air adalah jenis asupan yang cepat dan mudah di konsumsi. Berkumurlah dengan air putih setiap kali anda sempat melakukannya. Jika anda muslim, berwudhu merupakan cara efektip untuk membersihkan mulut, karena dalam rukun wudhu ada perintah untuk berkumur. Usahakan untuk minum air putih sebanyak mungkin setiap harinya, karena kekurangan air juga bisa membuat bau mulut karena tubuh mengalami dehidrasi. Meminum air menyebabkan air liur menjadi berkurang dan otomatis bakteri penyebab bau mulutpun akan berkurang. Oleh karena itu membilas mulut dengan air putih dapat membersihkan bakteri yang menyebabkan bau.
  2. Makanan berserat. Makanan dan sayuran berSerat sangat baik untuk membersihkan usus. Salah satu alasan utama bau mulut karena usus kita tidak bersih. Serat dapat menjaga kebersihan pada saluran pencernaan. Hal ini untuk mencegah bau mulut dan sangat membantu dalam menjaga agar nafas agar tetap segar.
  3. Jeruk nipis. Anda suka makan jeruk? Ternyata selain baik untuk kesehatan tubuh, jeruk juga memiliki segudang manfaat. Salah satu jeruk yang biasa dijadikan untuk pengobatan adalah jeruk nipis. Jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C.  Ini tentu saja sangat membantu dalam menjaga nafas agar tetap segar. Vitamin C dikenal sangat bagus untuk melawan bakteri. Jeruk juga merupakan antioksidan yang baik sehingga dapat membantu proses mengurangi racun dalam tubuh, termasuk bau yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut kita.
  4. Teh hijau. Ada banyak jenis teh yang kita kenal. Untuk menyegarkan mulut kita bisa meminum teh hijau. Karena Teh hijau kaya akan flavonoid. Zat flavonoid Ini mengurangi dan mencegah adhesi bau menyebabkan kuman pada gigi. Selain teh hijau, Teh kayu manis juga dapat menyebabkan napas segar dan membantu menjaga bau mulut.
  5. Yoghurt. yoghurt adalah jenis Probiotik yang berfungsi untuk menyingkirkan hidrogen sulfida. Misalnya Lactobacillus salivarius juga membantu dalam kasus masalah gigi dan gusi. Hal ini memungkinkan penyembuhan luka di mulut.
  6. Apel. Apel memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ketika kita mengigit dan mengunyah apel, sekresi saliva akan dirangsang. Ini benar-benar membersihkan mulut dan bilasan keluar bau menghasilkan bakteri dalam mulut sehingga membuat nafas menjadi segar.
  7. Makanan berserat. Makanan dan sayuran berSerat sangat baik untuk membersihkan usus. Salah satu alasan utama bau mulut karena usus kita tidak bersih. Serat dapat menjaga kebersihan pada saluran pencernaan. Hal ini untuk mencegah bau mulut dan sangat membantu dalam menjaga agar nafas agar tetap segar
  8. Sayuran. Brokoli, wortel dan mentimun juga sangat berkompeten untuk menjaga mulut tetap segar dengan mengurangi kandungan bakteri didalam mulut.
  9. Rempah-rempah. Rempah dan tanaman herbal juga dapat menjaga nafas agar terbebas dari bau mulut. Beberapa rempah yang bisa dipakai yakni kapulaga (elaichi), adas (saunf), tombak mint, peterseli, rosemary, eucalyptus, ketumbar (Dhania daal), kayu manis (dal chini), cengkeh (Laung). Semua ini bisa digunakan dengan cara dijadikan jamu untuk diminum setiap harinya.

0 Response to "Mencegah Bau Mulut, dengan 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini"

Posting Komentar