7 Tips Bersihkan Gigi Tanpa Sikat Gigi

dfafafda
Menggosok gigi merupakan salah satu bagian dari rutinitas kita di awal pagi. Menggosok gigi juga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan gigi kita. Jika itu tidak dilakukan, maka kebersihan mulut dan gigi tidak terjaga dan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Bukankah kita semua tidak ada yang mau sakit gigue. Nah sahabat Rumah Salam, kalau gigi kita tetap sehat dan bersih , di bawah ini ada cara membersihkan gigi, namun tanpa menggunakan asikat gigi.
  1. Menggosok gigi dengan siwak. Anas RA meriwayatkan: Rasulullah SAW bersabda, “Aku menyarankan agar kalian menggunakan siwak”. (HR Bukhari). Siwak merupakan alat pembersih gigi yang diwariskan Rasulullah SAW bagi umatnya. Bukan tanpa alasan Rasulullah SAW menyarankan umatnya untuk menggunakan siwak berbentuk batang yang diambil dari akar dan ranting segar tanaman arak (salvadora persica). Sebuah penelitian ilmiah membuktikan keunggulan siwak dibandingkan pasta gigi biasa. Kayu siwak memiliki keunggulan karena terbukti mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plaque, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi. Siwak pun diketahui memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat, seperti Antibacterial acids, seperti astringents, abrasive, dan detergent yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Selain itu, siwak juga mengandung zat kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins, dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Siwak pun mengandung minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar. Zat inilah yang membuat siwak dapat menghilangkan bau pada mulut.
    7 tips bersihkan gigi tanpa sikat gigi
  2. Berkumur mouthwash. Jika anda terbiasa menyediakan mouthwash dirumah, anda bisa menggunakan mouthwash untuk berkumur setelah bangun pagi. Selain berfungsi menjaga kesegaran mulut, mouthwash juga sangat efektip membunuh kuman yang bersarang di mulut kita. Sebaiknya Pilih yang tidak mengandung alkohol karena berdasarkan sebuah penelitian, mouthwash yang mengandung alkohol akan meningkatkan risiko terserang kanker mulut.
  3. Menggosok gigi dengan Kayu Manis. Di dalam Kayu manis terdapat zat yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, zat tersebut sangat baik melawan perkembangan bakteri didalam mulut. Dipagi hari Anda bisa berkumur dengan mencampur kayu manis dengan air hangat 1 sampai 2 menit. Atau jika dirumah tersedia kayu manis utuh (tidak berbentuk serbuk) anda bisa menggosokan kayu manis tersebut ke gigi anda. sebuah penelitian menemukan bahwa permen karet yang mengandung kayu manis jika dikunyah beberapa menit, akan membunuh bakteri buruk di dalam mulut. Permen karet mengandung aldehida sinamat (senyawa yang memberikan rasa pada kayu manis yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.
  4. Kunyah buah yang mengandung banyak serat. Ada buah yang bisa di gunakan untuk membersihkan gigi. Rasa buah ini tidak terlalu manis dan cukup berserat tinggi. Anda bisa mengunyah buah apel, wortel, belimbing dan nanas. Buah buahan tersebutdi percaya sangat baik untuk membersihkan gigi. Mengunyah seratnya bisa sekaligus menggosok gigi dari sisa makanan yang menempel. Mengunya buah dan sayur sebagai makanan penutup bisa juga untuk membersihkan bakteri yang tersisa setelah makan. kemudian, setelah mengunyah buah tersebut, Anda cukup berkumur dengan air bersih.
  5. Minum teh tawar. Meminum teh tawar ternyata bisa membersihkan gigi Anda. Flavonoid yang dimiliki teh membantu mencegah bakteri bersarang dan menempel di dalam gigi. Dan Bukan hanya itu, teh juga tinggi flouride yang dapat mencegah gula membuat karang gigi. Anda bisa berkumur dengan teh atau mengunyah sebentar teh di dalam kantung kantong teh untuk membersihkan gigi.
  6. Minum banyak air putih. Minum air putih memiliki banyak manfaat untu kesehatan tubuh kita. Namun anda juga bisa membersihkan gigi anda dengan banyak meminum air putih. Cara alami membuang bakteri, membersihkan mulut sekaligus menjaga nafas segar adalah minum air putih. Bakteri akan ikut terbawa air yang Anda minum dan menurunkan risiko gigi berlubang dan terbentuknya karang gigi.
  7. Menggosok dengan tepung batubata. Batubata yang di tumbuk halus, banyak di gunakan orangtua jaman dulu untuk membersihkan dan memutihkan gigi. And bisa menumbuknya lalu menggosokan ke gigi anda, pilihlah batubata yang bersih. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih. Kotoran sisa makana yang menempel pada gigi niscaya terlepas dari gigi anda.

    0 Response to "7 Tips Bersihkan Gigi Tanpa Sikat Gigi"

    Posting Komentar