5 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Jika Sering Begadang

dfafafda
Setiap orang pasti pernah begadang. Terkadang ada waktu atau kondisi yang memaksa kita harus begadang.  Bagi seorang pekerja yang mendapat shift malam, begadang menjadi sebuah kebiasaan. Aktivitas begadang telah menjadi bagian hidup yang terpaksa harus di jalani. Padahal begadang, merupakan sebuah aktivitas yang merugikan bagi kesehatan tubuh anda. Istilah begadang ini memang sudah tidak asing lagi kita dengar.

Begadang adalah suatu kondisi dimana seseorang tetap terjaga dan tidak tidur sampai larut malam, bahkan kadang sampai pagi. Sebenarnya Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Alasan Mengapa kita harus cukup tidur? Adalah.. dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas. Dalam kondisi tidur tubuh memperbaiki metabolismenya. Tidur akan merileksasikan pikiran Anda. Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas lagi.

Kebiasaan begadang berdampak negatif pada kesehatan tubuh anda. Pada saat tidur, terjadi proses detoxifikasi yaitu tubuh akan membuang semua racun (toxin). Proses tersebut berelangsung saat tubuh dalam keadaan rileks / saat anda tidur. Organ tubuh yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh adalah hati. Jika Anda begadang, berarti Anda mencegah hati melakukan fungsinya dengan baik.

5 hal yang wajib anda ketahui jika sering begadangAda banyak kerugian yang di timbulkan dari kebiasaan begadang. Berikut ini ada 5 penyakit berbahaya akibat bagadang :
  1. Daya Tahan tubuh menurun. Daya tahan atau sistem imun dan kekebalan tubuh Anda semakin hari akan semakin menurun. Anda akan lebih mudah terserang flu, demam, batuk, meriang, tidak enak badan, dan lain sebagainya. Pada saat begadang, tubuh akan diforsir untuk terus beraktifitas atau bekerja sampai larut, padahal tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh. Jika waktu istirahat Anda berkurang, otomatis kerja tubuh juga tidak sempurna sehingga efek sampingnya adalah daya tahan tubuh Anda akan menurun. 
  2. Muka pucat, lesu dan susah konsentrasi. Muka pucat dan lesu adalah dampak yang bisa langsung terlihat setelah begadang. Selain itu efek begadang bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Kurang tidur karena begadang juga menjadi penyebab susah untuk konsentrasi. Dan akibatnya Anda akan menjadi pelupa. Siklus tidur pada malam hari berperan menguatkan memori dalam pikiran anda. Jika Anda sering begadang maka Anda akan lebih sulit untuk mengingat kejadian atau peristiwa yang anda alami.
  3. Rentan terkena penyakit diabetes, hipertensi, jantung dan stroke. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh praktisi kesehatan, bahwa Pekerja yang tidur selalu larut akan lebih beresiko menderita diabetes type dua, hipertensi, jantung dan stroke. Seperti yang dilakukan oleh Warwick Medical School dalam publikasi European Heart Journal yang menyebutkan bahwa jika tidur kurang dari enam jam setiap hari, dapat meningkatkan serangan stroke yang dapat mengakibatkan kematian sebanyak lima belas persen. Dan untuk resiko serangan jantung sebesar lima puluh persen.
  4. Menurunkan gairah seksual. Pria dan wanita yang kurang tidur pada malam hari akan mengalami penurunan tingkat gairah seksualitasnya.  Mereka akan cenderung pasif dan tidak bersemangat serta penurunan untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Penyebabnya yaitu karena dengan begadang, energi akan terkuras, timbul perasaan mengantuk, serta tekanan darah yang tidak stabil.
  5.  Sakit kepala dan insomnia. Sering merasa sakit pada bagian kepala saat bangun terlalu siang karena pada waktu malam anda begadang? Ini adalah salah satu penyakit karena kurang istirahat. Sedikit demi sedikit bagian dari sel otak akan mengalami masalah karena Anda tidak cukup istirahat. Selain sakit kepala, ketika Anda sering terjaga di malam hari sedangkan anda di tuntut untuk beraktivitas di siang harinya, maka siklus tidur tau jam biologis tubuh anda akan kacau. Secara perlahan tubuh akan terbiasa dengan keadaan ini. Ketika Anda mencoba untuk tidur pada jadwal tidur yang sebenarnya, Anda akan mengalami susah tidur. Inilah yang menyebabkan begadang dapat menimbulkan insomnia jangka panjang 

0 Response to "5 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Jika Sering Begadang"

Posting Komentar