6 Buah Berbahaya Untuk Ibu Hamil

dfafafda
Mengkonsumsi buah-buahan adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Karena buah banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah setiap hari dalam jumlah tertentu. Namun dari sekian banyak manfaat buah-buahan, tidak semua jenis buah boleh dikonsumsi oleh seorang ibu yang sedang hamil. Karena masa kehamilan tersebut merupakan masa yang paling rentan dan beresiko terhadap perkembangan dan kesehatan janin. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, Ibu hamil harus memperhatikan asupan yang dikonsumsinya. Ada 5 jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil :
  1. Buah yang tidak higienis/tidak di cuci. Sebelum di konsumsi hendaknya “buah yang diperbolehkan” di cuci terlebih dahulu. Buah yang tidak di cuci atau tidak higienis akan berbahaya untuk ibu hamil. Karena pada kulit buah masih menyimpan kotoran dan racun seperti pestisida dan sejenisnya. Ini sangat berbahaya pada kesehatan janin dalam kandungan ibu. Maka cucilah buah sebelum di konsumsi, agar terhindar dari hal-hal yang bisa membahayakan janin.
  2. Buah nanas muda. Alasan ibu hamil tidak boleh makan nanas adalah karena Nanas mengandung zat yang disebut bromelain. bromelain dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke persalinan dini/prematur. makan buah nanas dalam jumlah sedang dan sering bisa menyebabkan ibu mengalami persalinan dini, hindari konsumsi nanas terutama selama trimester pertama/ masa awal kehamilan. 
    6 buah berbahaya untuk ibu hamil
  3. Buah pepaya mentah. Pepaya mentah atau pepeya yang belum matang mengandung lateks. Lateks merupakan getah yang bisa merangsang kontraksi pada rahim. Pepaya mentah ini harus dihindari dari oleh ibu hamil terutama setelah kandungan memasuki trimester ketiga. Tapi ibu hamil tetap boleh menyantap buah pepaya yang sudah matang. Karena kandungan gizinya sangat baik bagi ibu dan janin yang dikandungnya.  
  4. Buah durian. Buah Durian bersifat panas ketika berada di dalam perut dan mengandung alkohol. Kandungan lainnya adalah asam arachidonat yang merupakan senyawa kimia pemicu terbentuknya prostaglandin. Sedangkan prostaglandin merupakan senyawa yang bisa merangsang kontraksi pada rahim. Sehingga dapat menimbulkan dampak buruk berupa keguguran janin.
  5. Buah Anggur. Bagi ibu hamil sebaiknya tidak memakan buah anggur terlalu banyak, karena gula yang terdapat dalam buah anggur akan sangat mudah terfermentasi di dalam lambung sehingga ia bisa berubah menjadi alkohol. Seperti diketahui bahwa efek negatif alkohol bagi ibu hamil sangat banyak. Alkohol dapat menyebabkan suhu rahim meningkat dan menghambat pertumbuhan janin. Oleh karenanya, meski buah anggur memiliki begitu banyak vitamin, ketika hamil lebih baik dihindari.
  6. Buah Delima. Perlu di ketahui ibu hamil yang mengkonsumsi buah delima dalam jumlah banyak akan berpotensi mengalami keguguran. karena saat seorang ibu hamil mengonsumsi buah delima dalam jumlah berlebihan, sang ibu akan merasakan kontraksi pada rahimnya. Selain buahnya biji buah delima juga sangat berbahaya untuk ibu hamil.

0 Response to "6 Buah Berbahaya Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar