Cara Mudah dan Sederhana Menghemat Listrik di Rumah Kita

dfafafda
Di era modern ini, listrik sudah menjadi  hal yang tidak terpisahkan dari hidup kita. Untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari, kita selalu membutuhkan listrik. Bahkan Hampir semua alat-alat dirumah kita memerlukan listrik. Mulai dari lampu, TV, kulkas, AC, Komputer, handpone dll. Semua memerlukan listrik agar bisa berfungsi dengan baik.

Membayar tagihan listrik sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap keluarga. Setiap bulan kita harus mengeluarkan uang untuk membayar tagihannya. Terkadang jika tagihan listrik membengkak, kita mendadak bingung mencari cara bagaimana menutupi tagihan tersebut. Karena kita harus mengeluarkan uang lebih banyak setiap bulannya hanya untuk listrik saja. Terlebih lagi jika penghasilan kita pas pasan.  Dalam kondisi ekonomi yang semakin sulit saat ini, kita harus lebih cerdas menggunakan semua hal yang kita miliki. Agar kita dapat menghemat listrik sekaligus menghemat pengeluaran bulanan dirumah kita. Sebaiknya sahabat ikuti cara mudah dan sederhana seperti di bawah ini :
    cara mudah dan sederhana menghemat listrik di rumah kita
  1. Nyalakan listrik saat diperlukan saja. Jika sudah tidak digunakan sebaiknya dimatikan atau dicabut stop kontaknya. Karena Peralatan elektronik yang masih dalam posisi standby, misalnya televisi, radio, kipas angin atau perangkat audio, itu masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.
  2. Gunakan lampu hemat energy. Lampu neon lebih bersifat hemat energi daripada lampu bohlam. Matikanlah penerangan yang tidak perlu, misalnya selalu mematikan lampu di ruangan yang tidak kita gunakan, hindari menyalakan lampu pada siang hari dan gunakan penerangan alami dari pantulan sinar matahari dari luar melalui jendela.
  3. Lepaskan charger telepon genggam bila tidak sedang digunakan, karena bila charger dibiarkan tetap terpasang pada sumber listrik, maka listrik akan terbuang sia-sia. charger itu berisi kumparan, jadi selama terpasang akan terus memutar listrik di situ. Tanpa HP, chargeran yang terpasang menggunakan sekitar 30% dari normal daya listriknya.
  4. Jika anda menggunakan kulkas atau lemari es, Sebaiknya aturlah tombol pengatur suhu sesuai dengan isi yang ada di dalamnya, bila tidak sedang membekukan sesuatu atau jumlah makanan atau minuman sedikit maka aturlah tombol pengatur suhu pada posisi minimum, tetapi bila kita sedang membekukan atau memasukkan bahan makanan yang memerlukan suhu sangat dingin maka aturlah tombol pengatur suhu pada posisi maksimal. Hindari menyimpan makanan panas ke dalam kulkas. 
  5. Jika dirumah Anda menggunakan AC,  ketika anda menyalakan AC sebaiknya jangan langsung menurunkan suhunya, stabilkan saja di-24 atau 25 °C terlebih dulu. Setiap suhu udara AC diturunkan akan ada tambahan penggunaan listrik sebanyak 6%. Jadi misalnya diturunkan dari 24 ke 18 sekaligus, maka ada tambahan penggunaan 36% daya listrik. Jadi anda harus membiarkan beberapa menit pada posisi suhu sebelumnya. Biarkan hingga ruangan menjadi dingin dan menyebar, baru anda turunkan suhunya cesara bertahap.
  6. Jangan melepas dan memasang setrika secara berulang. Karena daya listrik yang digunakan setrika sangat besar. Jika anda ingin menyetrika baju, jangan di cicil. Sebaiknya setrika baju anda sekaligus untuk menghindari mencabut dan melepas alat setrika. 
Sahabat.. itulah cara mudah dan sederhana untuk menghemat listrik dirumah kita. sebenarnya masih banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan di rumah untuk menghemat tagihan listrik. Asalkan semua penghuni rumah diajarkan untuk membiasakan diri berhemat. Gunakan listrik secara bijak meski mungkin Anda mampu untuk membayarnya, karena listrik sebagian masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai tenaga pembangkitnya. Ketika setiap kita dapat mengontrol penggunan listrik dengan bijaksana, maka kita sudah turut serta berpartisipasi dalam menghemat energi di bumi yang kita cintai ini..

0 Response to "Cara Mudah dan Sederhana Menghemat Listrik di Rumah Kita"

Posting Komentar