Benarkah Kuning Telur Berbahaya untuk Kesehatan?

dfafafda
Sahabat Akhwat Muslimah, Benarkah Kuning Telur Berbahaya untuk Kesehatan? Banyak yang menyatakan kuning telur bahaya untuk perempuan, ibu hamil, bisa menyebabkan kegemukan, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan hal mengerikan lainnya, apakah hal ini benar? Yuk simak pembahasan singkatnya!

Perlu diketahui bahwa satu butir kuning telur mengandung 180-190 mg kolesterol. Sedangkan normalnya tubuh kita memerlukan 300 mg kolesterol per hari, dengan demikian mengonsumsi  satu telur utuh (putih dan kuningnya) dalam sehari sebenarnya tidak akan menyebabkan masalah kolesterol dalam tubuh orang normal.

Selain kolesterol, kuning telur juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko katarak dan mencegah penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Satu porsi telur besar juga merupakan sumber selenium yang merupakan mineral antioksidan yang memerangi kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan tiroid. Telur juga penting untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Dengan demikian, telur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, juga bagus bagi Sahabat Ummi yang ingin berdiet, karena sarapan telur di pagi hari biasanya akan membuat lebih cepat kenyang dan mengurangi porsi makan pada siang dan malam harinya.

Namun tak dapat disangkal bahwa telur juga memiliki sisi negatif untuk kesehatan. Telur merupakan sumber lemak jenuh dengan kadar yang tinggi, sehingga konsumsi telur lebih dari satu butir per harinya bisa menyebabkan tingginya resiko penyakit jantung.

Penelitian pada 2003 dari British Medical Journal menemukan bahwa memakan satu telur setiap hari tidak berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Penelitian ini dilakukan pada 115 ribu orang dewasa selama 14 tahun.

Perlu dicatat bahwa penderita penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi memang dianjurkan menghindari mengonsumsi kuning telur berlebihan. Karena kandungan kalori dan lemak yang berlebihan dapat membahayakan beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan kolesterol.

Akan tetapi untuk orang-orang normal yang tidak memiliki penyakit tersebut, in syaa Allah bisa menikmati telur utuh (putih dan kuningnya) satu butir setiap hari tanpa rasa waswas karena justru baik untuk kesehatan kita dan keluarga!

Referensi: dari berbagai sumber

foto ilustrasi: google

Silakan Copy Artikel yang ada di sini, tapi cantumkan sumbernya http://akhwatmuslimahindonesia.blogspot.com/

0 Response to "Benarkah Kuning Telur Berbahaya untuk Kesehatan?"

Posting Komentar