Ini Bahayanya Jika Anda Sering Menggunakan Toilet Duduk

dfafafda
Apa bentuk toilet anda? Apakah bentuknya jongkok atau duduk? Apapun bentuknya alasan anda memilih pasti berdasarkan kenyamanan yang anda rasakan. Indonesia merupakan salahsatu negara yang sebagian besar penduduknya memakai toilet jongkok. Pengguna toilet jongkok  pada umumnya masih digunakan oleh penduduk yang tinggal di pedesaan, namun toilet duduk kini lebih banyak digunakan oleh penduduk yang tinggal diperkotan. 

Tahukah Anda bahwa pemakaian toilet duduk dapat mempengaruhi sistem alami pembuangan kotoran serta bisa mengakibatkan sembelit? Menurut suatu riset yang dikerjakan oleh seseorang dokter bernama Dov Sikirov di Digestive Diseases and Sciences diterangkan bahwa saat Anda duduk, otot tak dapat menjaga kontinuitas untuk mengeluarkan kotoran. Sedangkan kondisi alami tubuh juga tidak dapat memberi desakan yang lebih untuk hal tersebut. 

Berikut adalah bahaya penggunaan toilet duduk yang selama ini tidak anda ketahui: 
  1. Mengalami gangguan pada usus : ketika kotoran tertahan dan tidak keluar optimal, kotoran tersebut akan mengendap dan menumpuk di dalam usus.  Jika hal itu berlangsung lama, Anda akan Mengalami gangguan pencernaan akut karena usus anda tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.
  2. Meningkatlkan resiko Sembelit : Dengan Posisi duduk saat Anda buang air besar, kotoran yang seharusnya keluar dengan optimal akan menjadi terhambat. Akhirnya kotoran menjadi keras. Hal inilah yang memicu terjadinya sembelit.
    ini bahayanya jika anda sering menggunakan toilet duduk
  3. Menyebabkan penyakit wasir : wasir atau ambien dikenal juga dengan istilah Hemoroid adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di sekitar pembuangan (bagian belakang dalam tubuh). Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang. Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia adalah setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Hemoroid atau wasir telah menjadi masalah kesehatan yang umum. Penyakit ini juga menjadi masalah yang cukup serius di Amerika karena sekitar 4% (lebih dari 10 juta) dari penduduknya mengalami wasir. Hal ini terjadi kemungkinan besar karena penggunaan toilet duduk yang sudah umum digunakan oleh penduduknya.
  4. Merusak bentuk panggul : Saat anda duduk, terjadi desakan di usus besar yang cukup besar sehingga jika hal tersebut berlangsung lama akan menyebabkan perubahan bentuk pada panggul. Sedangkan jika anda BAB dengan posisi jongkok, secara tidak langsung Anda melakukan perlindungan terhadap syaraf dibagian panggul. Perubahan bentuk panggul akan sangat merugikan terutama bagi kaum wanita.
  5. Memicu Infeksi saluran kencing : Bukan hanya kotoran saja yang harus dikeluarkan dengan optimal. tetapi air kencing juga harus dikeluarkan dengan baik tanpa tertahan. Kencing dengan posisi jongkok akan menjadikan kandung kemih benar-benar kosong. Hal ini akan melindungi Anda dari infeksi saluran kencing. Sedangkan jika anda menggunakan toilet duduk, air kencing biasanya sedikit tertahan. Sehingga anda beresiko terserang penyakit infeksi saaluran kencing atau saluran kemih.
  6. Memicu kecelakaan seperti closet terbelah saat duduk : Terlepas adanya sebuah kesalahan posisi duduk, hal itu bisa saja terjadi akibat kualitas closet yang kurang bagus.

0 Response to "Ini Bahayanya Jika Anda Sering Menggunakan Toilet Duduk"

Posting Komentar