Sepuluh Bahaya Menyalakan Kipas Angin Saat Tidur Malam

dfafafda
Dampak dari Pemanasan global dibumi kini yang semakin hari semakin terasa. di kota-kota besar di belahan dunia orang berlomba-lomba membangun gedung-gedung kaca yang tinggi menjulang, hal ini menjadi salahsatu penyebab kondisi udara dipermukaan bumi semakin bertambah panas. Kondisi udara yang panas, memicu setiap orang membeli alat pendingin udara. Seperti AC dan kipas angin. Memiliki AC/Air Conditioner dan kipas angin saat ini menjadi sebuah kebutuhan. Apakah anda memiliki keua alat tersebut? Jika ia apakah anda tahu, penggunaan kedua alat tersebut dalam kondisi tertentu berdampak negatif terhadap kesehatan? Meskipun alat-alat tersebut berguna untuk kita, namun dalam waktu tertentu dapat juga merugikan kita. Sahabat.. kali ini kita akan membahas, Sembilan bahaya menyalakan kipas angin listrik ketika tidur malam. Berikut penjelasannya:
  1. Menyebabkan pasokan oksigen berkurang. Menyalakan kipas angin listrik saat tidur malam secara terus menerus dengan posisi kipas di hadapkan ke wajah akan meneybabkan pasokan oksigen menjadi lebih sedikit atau berkurang. Karena Angin yang dihembuskan kipas tidak sepenuhnya oksigen atau bahkan juga ada gas karbondioksida. Jika angin terus di hadapkan ke wajah  maka kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, bahkan udara yang kita hembuskan dari hidung bisa kembali lagi kembali.
  2. Mengakibatkan tubuh kekurangan air. Dr. Wendra Ali, seorang ahli syaraf mengatakan bahwa tubuh kita akan kekurangan air saat kita berada di ruangan yang dingin dalam waktu yang cukup lama. Hal ini sangat berbahaya bagi  kondisi tubuh kita, karena sebenarnya tubuh kita membutuhkan asupan air sebanyak 70%. Pemakaian kipas angin yang terus menerus akan membuat membuat air di dalam tubuh kita berkurang. Jika kekurangan air maka organ dalam tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.
  3. Membuat kulit kering. Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena sengatan sinar matahari saja. Kondisi ruangan yang  terlampau dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit, Saat terlalu lama menggunakan kipas angin kulit akan menjadi kering. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air.
  4. Otot kaku dan nyeri. Dampak negative lainnya adalah membuat Otot menjadi kaku dan terasa sakit. Suhu yang dingin akan menurunkan produksi cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita. Maka tidak heran jika kita tidur dengan kipas angin, maka saat bangun tubuh kita terasa sakit.
  5. Infeksi saluran pernapasan. Kipas angin hanya untuk menggerakkan udara. Tidak ada proses penyaringan yang dilakukan. Perlu diketahui, bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, atau bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Bahaya kipas angin ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, seperti penyakit asma.
  6. Menjadi kebiasaan buruk. Otak kita mengendalikan syaraf-syaraf perasa yang mempengaruhi kenyamanan. Jika kita terlalu sering menggunakan kipas saat tidur, maka kita akan terbiasa, artinya kita tidak akan bisa tidur tanpa menggunakan kipas angin. Dampak buruknya adalah, kita tidak akan memiliki kualitas tidur yang baik, karena setiap bangun akan tubuh menjadi sakit dan terasa lelah.
    sepuluh bahaya menyalakan kipas angin saat tidur malam
  7. Daya tahan tubuh menurun dan mudah sakit. Kondisi tubuh yang gampang sakit adalah efek dari metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Dampak ini di rasakan, jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yang membuat sel-sel imun lebih aktif. Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel-isel imun, akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit. Apalagi jika saat kita tidur kita mengirup udara yang mengandung virus penyakit, tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.
  8. Suhu tubuh menurun. Keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan untuk menjaga aktivitas sel imun. Salah satu upaya pengatur suhu tubuh adalah dengan mengeluarkan keringat. Normalnya tubuh saat tidur akan mengeluarkan keringat, namun jika menggunakan kipas angin saat tidur akan membuat kulit mengering dan mengecilkan pori-pori. Dampaknya keringat di dalam tubuh akan sangat sulit dikeluarkan.
  9. Penyakit Bell Palsy. Penyakit kelumpuhan, namun bukan kelumpuhan tubuh melainkan kelumpuhan yang terjadi pada area wajah. Wajah akan terasa sulit untuk tersenyum, tertawa  dan ada pembengkakan di bagian tertentu pada wajah. Penyakit ini disebabkan oleh kondisi syaraf wajah yang menegang, dikarenakan terkena suhu dingin dari kipas angin yang terus-menerus.
  10. Resiko kematian. Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari bahaya kipas angin adalah kematian. jika kita tidur dengan kipas angin dan berada di ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk, maka pasokan oksigen akan sangat terbatas. Tidak adanya oksigen yang dihirup akan membuat kita akan menghirup karbondioksida. Jika karbondioksida banyak terhirup oleh kita, maka tubuh akan mengalami keracunan. Dunia mencatat dalam waktu 2 tahun ada sedikitnya 20 kasus kematian akibat menggunakan kipas angin listrik terlalu lama. 

0 Response to "Sepuluh Bahaya Menyalakan Kipas Angin Saat Tidur Malam"

Posting Komentar