Kepala Terlanjur Berketombe, Lakukan Cara Mudah Ini

dfafafda
Hadirnya ketombe di kulit kepala adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Karena bisa menyebabkan gatal dan rambut rontok. Selain Kesehatan badan, menjaga kesehatan rambut juga adalah hal yang penting dan harus kita lakukan. Sahabat Rumah Salam.. jika kepala terlanjur berketombe, lakukan cara mudah di bawah ini. Tapi sebelum kita bahas lebih jauh tentang hal tersebut, kita wajib tahu apa itu ketombe dan apa penyebabnya.

Apa itu ketombe? 

Ketombe atau sebagian orang biasa  menyebut sindap atau kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. 

kepala terlanjur berketombe, lakukan cara mudah ini

Ketombe dapat juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Jika rambut anda berketombe, jangan menggaruk kepala secara berlebihan. Karena akan  menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Oleh karena itu orang yang berketombe sebaiknya melakukan pengobatan, agar ketombe yang mengganggu bisa hilang dari kulit kepala. (wk indo)

Apa Penyebab seseorang berketombe?

Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya umum terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala kita.

Yang harus dilakukan jika rambut kita berketombe?

  1. Rutin berkeramas? Melakukan keramas secara rutin terbukti mampu meminimalisir ketombe dan gatal yang di sebabkan ketombe. Lakukan keramas minimal 2 hari sekali, agar rambut tidak lepek dan kulit kepala bersih dan segar. Jika kepala anda sering berkeringat, keramas rambut bisa dilakukan sehari satu kali. dengan mencuci rambut secara reguler, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat. 
  2. Mencuci rambut dengan bahan alami atau shampoo. Cucilah rambut anda dengan bahan - bahan alami seperti perasan daun mint, atau air jeruk nipis. Atau untuk memudahkan anda, gunakan shampoo anti ketombe yang biasa anda beli di pasar. Shampoo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kuilt kepala yang baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan yang terlihat. Serpihan yang terlihat dan berwarna putih itulah yang di namakan ketombe.
  3. Hindari menutup kepala sebelum rambut kering. Setelah keramas, keringkan rambut secara menyeluruh. Pengeringan rambut bisa menggunakan handuk kering, kipas manual atau kipas angin. Atau jika ada, Anda juga bisa menggunakan pengering rambut/hair driyer. Namun penggunaan hair driyer yang terlalu sering juga akan menyebabkan rambut rusak. Jangan menutup atau mengikat rambut dalam keadaan basah. Hal ini bisa memicu timbulnya ketombe, karena rambut dalam kondisi lembab.
  4. Pijat kulit kepala dan Gunakan conditioner setelah berkeramas. Memijat kulit kepala sebaiknya dilakukan bukan hanya saat penggunaan conditioner  setelah berkeramas namun lakukan pemijatan pula saat anda berkeramas. Pemijatan kulit kepala mampu memperlancar aliran darah di kepala.
  5. Hindari penggunaan sisir yang kotor. Pemakaian sisir yang kotor akan memperburuk kondisi kulit kepala anda yang berketombe. Karena bakteri yang ada di sisir akan menempel di kulit kepala dan menyebabkan bakteri penyebab ketombe berkembang menjadi lebih cepat atau banyak. Jika sudah terlihat kotor,  Cuci sisir anda sebelum di gunakan. Atau hindari pemakaian sisir bersama, agar ketombe tidak tertular ke orang lain.
  6. Perbanyak konsumsi vitamin B. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B. Karena vitamin B secara alami dapat membantu memecah protein dan karbonhidrat, ini bisa mempercepat penyembuhan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri ketombe. Vitamin B juga bisa memicu pertumbuhan rambut yang sehat.
Sahabat rumah salam, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari ketombe tumbuh di area kulit kepala kita. Nah jika kita terlajur berketombe, lakukan cara mudah yang sudah di bahas di atas. Untuk mengobati ketombe secara khusus dengan obat herbal/alami, kita bahas di artikel berikutnya..  

0 Response to " Kepala Terlanjur Berketombe, Lakukan Cara Mudah Ini"

Posting Komentar