Punya Mobil Tapi Ingin Hemat BBM, Lakukan Tips Ini

dfafafda
Memiliki mobil pribadi adalah dambaan setiap orang, apalagi bagi yang memiliki segudang aktivitas di luar rumah atau yang memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak. Di beberapa tahun terakhir ini membeli kendaraan pribadi bagi sebagian masyarakat kota sudah menjadi sebuah kebutuhan dan merupakan bagian dari gaya hidup mereka. Tak heran show room yang menawarkan kredit jenis roda empat pun semakin menjamur. Hal ini berhubungan dengan peningkatan permintaan pasarpun terhadap kendaraan tersebutsemakin meningkat dari hari kehari.

Namun, tahukah sahabat ketika kita memutuskan untuk membeli jenis kendaraan roda empat ini, banyak hal yang harus kita persiapkan. Mulai dari biaya perawatan hingga biaya BBM yang harus kita keluarkan setiap hari. Apalagi sekarang, harga BBM sudah mengalami peningkatan lagi. Hal ini di pastikan akan menambah pengeluaran kita lebih besar lagi bila di bandingkan dengan pengeluaran sebelumnya.Sahabat Rumah salam.. jika kita punya mobil tapi ingin hemat BBM,  lakukan tips di bawah ini :
punya mobil tapi ingin hemat bbm, lakukan tips ini
  1. Jangan menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang dekat. Pada saat di nyalakan dan di kendarai dengan jarak tempuh yang dekat, Kendaraan lebih boros dan akan mengeluarkan lebih banyak polusi. Alasannya, bahwa catalytic converter (yang mengurangi emisi polusi udara) tidak beroperasi dengan baik sampai mesin benar-benar hangat. Perjalanan kurang dari 5 Km biasanya tidak memungkinkan mesin untuk mencapai puncak suhu operasi. 
  2. Apabila akan di gunakan, injak gas secara perlahan jangan menginjak gas secara tiba-tiba. Usahakan Injakan harus stabil dan bertahap. jika pedal gas diinjak secara tiba-tiba, otomatis bahan bakar yang akan dihisap ke ruang bakar juga semakin banyak. Sementara, pada saat itu putaran mesin belum siap atau masih dalamkondisi rendah. Ini yang menjadikan tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terbakar. Karena, bahan bakar yang masuk tidak keluar dalam bentuk tenaga, tetapi ikut terbuang lewat knalpot.
  3. Mengatur putaran mesin dengan tepat. Pengemudi mobil merupakan penentu irit atau borosnya BBM sebuah kendaraan. Salah satu cara efektif untuk menghemat konsumsi BBM saat berada di jalan adalah dengan mengatur putaran mesin.Yaitu dengan cara memasukkan gear di saat yang tepat. Melaju dengan putaran mesin terlalu tinggi atau rendah secara konstan tentu akan membuat konsumsi bahan bakar jadi semakin banyak. Putaran mesin ideal saat berkendara adalah sekitar 3.000 rpm.
  4. Kendarai mobil dengan kecepatan yang konstan. kendarai mobil anda dengan kecepatan yang konstan karena mobil akan jauh lebih efisien. dan sedikit mengeluarkan polusi. Semakin sering Anda menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bensin yang berkurang. Kendarai mobil dengan jarak yang pas dengan kendaraan lain yang berada di depan Anda, sehingga Anda bisa mengantisipasi jika mobil itu tiba-tiba berubah arah.
  5. Hindari mengangkut barang-barang yang berat. Konsumsi bahan bakar bisa boros juga di tentukan oleh sebab lain, diantaranya adalah beban dan penggerak (pendorong kendaraan). Semakin berat beban yang harus diangkut, konsumsinya juga akan semakin besar. Yang dimaksud penggerak di antaranya, kopling, bearing (roda), kopel (propeler shaft), as roda dan roda. 
jika komponen-komponen ini aus atau rusak, akan menyebabkan hilangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk mendorong mobil melaju. Sementara, konsumsi bahan bakarnya tetap besar. Terkait dengan roda, penyematan ban dan velg besar, termasuk juga faktor yang memengaruhi konsumsi BBM.

0 Response to "Punya Mobil Tapi Ingin Hemat BBM, Lakukan Tips Ini"

Posting Komentar